Apa itu Mining Bitcoin?

  • Whatsapp

Mining Bitcoin merupakan salah satu aktivitas untuk memperoleh Bitcoin. Lebih detailnya, proses mining tersebut melibatkan pemecahan soal matematika yang sangat sulit. Soal matematika tersebut datang dari transaksi-transaksi yang dikumpulkan yang akan menajadi block. Nah kegiatan inilah yang disebut menambang bitcoin.

Proses penambangan bitcoin ini mirip hal nya dengan penambangan emas atau logam/mineral didalam perut bumi yang lainnya. Perbedaannya jika penambangan bitcoin dilakukan secara digital, jika emas dilakukan dengan menggali tanah dan mencari emas yang terkandung didalamnya.

Bacaan Lainnya

Secara garis besar mining Bitcoin berdasarkan peralatan yang digunakan terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Menambang bitcoin menggunakan hardware, yaitu seperangkat alat komputerisasi yang canggih.

2. Menambang Bitcoin menggunakan cloud mining.

apa-itu-mining-bitcoin

Cara pertama ini terhitung sangat mahal dan cukup susah, karena kita harus memiliki perangkat komputer dan hardware serta sorfware yang harus dirakit sedemikian rupa dan harus terhubung dengan jaringan blockchain bitcoin. Setelah kita terhubung dengan blockchain bitcoin kita harus melakukan komputasi agar kita bisa mendapatkan imbalan berupa bitcoin.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan hardware untuk menambang, diantaranya:

– Penambangan dengan hardware seperti menggunakan GPU/VGA, akan di paksa 100% terus menerus untuk menambang, sehingga harus diperhatikan ketahanan GPU tersebut. Pastikan mendapatkan pendinginan yang optimal agar tidak overheat dan cepat rusak.

– Penambangan bitcoin tidak bisa dilakukan secara instan jadi butuh waktu dan tergantung dari spesifikasi PC yang dipakai.

– Untuk hasil dari Bitcoin yang anda dapat juga tergantung dengan jenis perangkat yang digunakan. Semisal saja kartu ASIC bisa dibilang lebih cepat daripada GPU bahkan kartu ASIC mampu menggunakan daya yang cukup rendah.

Cara menambamg bitcoin dengan menyewa cloud mining pihak ketiga. Cara ini lebih mudah jika dibandingkan dengan cara pertama. Kita hanya perlu menyewa peralatan orang lain untuk melakukan mining. Kita tidak perlu memikirkan hardware, sorfware atau sistem pendinginan untuk perangkat komputer yang digunakan. Hal yang perlu diperhatikan saat menambang bitcoin dengan cloud mining adalah integritas dari pihak ketiga sebagai penyedia perangkat mining. Hal yang dikawatirkan dari cloud mining adalah tidak bertanggung jawabnya penyedia cloud mining. Kejadian terburuknya adalah uang sewa sudah dibayar tetapi cloud mining yang dijanjikan tidak tersedia.

Demikian pembahan singkat tentang cara mining bitcoin berdasarkan peralatan yang digunakan. Semoga bermanfaat..

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *