Teknologi Blockchain merupakan Teknologi Perbankan yang Mumpuni

  • Whatsapp

Teknologi Blockchain merupakan Teknologi Perbankan yang Mumpuni – Blockchain adalah catatan transaksi yang tersusun atas blok-blok yang dikelola oleh seluruh komputer yang terkoneksi dengan jaringan komputer. Blok-blok tersebut diamankan menggunakan teknologi kriptografi yaitu pengenkripsian data menggunakan suatu algoritma dan fungsi hash tertentu. Selain itu, teknologi blockchain ini tidak memiliki otoritas, yaitu tidak dimiliki oleh siapapun sehingga semua orang dapat melihat transaksi yang terjadi dimana pun dan kapan pun.

Teknologi blockchain ini dibuat atas dasar transparansi transaksi. Blockchain juga memiliki sifat utama yang menjadi kelebihan dan dapat menjadi boomerang sistem perbankan biasa. Sifat utama tersebut yaitu desentralisasi, transparasi, dan kekal. Sifat utama tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Pengenalan Teknologi Blockchain

#1 Desentralisasi

pengenalan teknologi blockchain

Sistem dibedakan menjadi sistem sentralisasi dan desentralisasi. Sistem sentralisasi adalah sistem yang tersimpan oleh suatu otoritas sedangkan sistem yang sifatnya desentralisasi yaitu sistem yang tidak memiliki otoritas. Jika dibandingkan dengan sistem perbankan yang ada, sistem ini lebih unggul karena tidak ada aturan yang harus dipenuhi jika diatur oleh suatu otoritas. Jika menggunakan sistem yang terdesentralisasi, hanya anda yang menjaga transaksi milik anda sendiri dan anda dapat bertransaksi apapun menggunakan uang yang ada dalam sistem blockchain yang bernama bitcoin tanpa harus ke bank.

#2 Transparasi

Sifat yang sangat menjadi pertimbangan pengguna blockcain.teknologi blockchain menggunakan algoritma enkripsi data agar transaksi anda yang tersimpan dalam beberapa blok chain akan dapat terlindungi privasinya. Anda pun dapat melihat transaksis siapapun tetapi blockchain tetap tidak akan memberikan informasi mengenai pemilik transaksi tersebut. Pemilik transaksi tersebut akan tersamarkan namanya menggunakan teknologi kriptografi. Contohnya, anda melihat transaksi ani mengirim 1 BTC, tetapi tampilan yang akan anda lihat adalah kehwdGkjjkK34956nfd3ni1 mengirim 1 BTC.

#3 Tidak mudah dirusak

pengenalan teknologi blockchain

Teknologi besutan Satoshi ini menawarkan tingkata keamanan yang sangat tinggi. Semua transaksi yang anda lakukan akan di enskripsikan menggunakan suatu algortima kriptografi. Tidak akan ada yang bisa merusak algoritma tersebut karena tak seorang pun tahu fungsi hash yang digunakan pada blockchain. Dengan kata lain, hashing adalah mengambil beberapa string dengan memberikan panjang string yang tetap.

Selain menggunakan sutu fungsi hash, jika pengguna blockchain semakin banyak maka blockchain akan semakin sulit untuk dirusak. Karena pengguna baru tersebut akan menciptakan suatu blok baru yang akan membuat blockchain menjadi lebih sulit untuk dirusak.

Itulah pengenalan teknologi blockchain yang dapat saya tulis pada artikel ini. Ternyata seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, akan menciptakan inovasi yang cukup menjanjikan, salah satunya teknologi blockchain ini. Sekian dan terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga dapat menjadi bahan referensi untuk mengetahui teknologi blockchain saat ini.

Salam hangat dari penulis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *