Sejarah Perkembangan Bitcoin

  • Whatsapp

Sejarah Perkembangan Bitcoin – Bitcon merupakan cryptocurrency yang pertama kali diciptakan oleh Satoshi nakamoto. Pencetusan ide ini pertama kali dipublikasikan ke umum dengan paper akademis oleh Satoshi pada Januari 2009 dengan judul Bitcoin: A Peer to Peer Electronic Cash System.

Sejarah Perkembangan Bitcoin

Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik layaknya rupiah atau US dolar yang bisa kita sentuh keberadaannya. Bitcoin hanya berupa angka digital namun memiliki daya tukar yang cukup tinggi.

Bacaan Lainnya

Pada tahun 2008, telah terjadi krisis keuangan yang berdampak pada banyak negara. Ada juga yang beranggapan bahwa kemunculan bitcoin pada awal 2009 merupakan bentuk kekecewaan dan kemarahan pada sistem keuangan yang selama ini digunakan.

Transaksi pertama dari bitcoin

Hal Finney adalah seorang penggiat teknologi kriptografi dan banyak terlibat dalam komunitas kriptografi. Dia merupakan orang yang pertama kali menerima transaksi bitcoin secara perdana dari Satoshi nakamoto.

Sampai sekarang sosok Satoshi Nakamoto ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Banyak pula yang berspekulasi bahwa Hal Finney merupakan Satoshi Nakamoto.

Pada tanggal 22 Mei 2008, terjadi pula sebuah sejarah pertama kalinya bitcoin digunakan untuk transaksi secara nyata. Ketika itu Lazslo Hanyecz menukarkan bitcoin yang dimiliki nya sebanyak 10 ribu BTC dengan dua buah pizza Papa John berukuran besar.

Lonjakan harga pertama bitcoin

Mata uang crypto ini pertama kali menyita perhatian publik pada tahun 2013, pada saat itu terjadi banyak inflasi pada mata uang kertas beberapa negara. Lonjakan harga pertama kali terjadi dari harga $100 per koin berubah menjadi $1.000 per koin hanya dalam waktu 1 bulan.

Salah satu kejadian besar yang mengiringi perjalan bitcoin adalah runtuhnya Mt Gox Exchange yang merupakan salah satu exchanger pertama cryptocurrency. Kebangkrutan exchanger dimulai dari diretasnya bitcoin dengan nilai sekitar $500 juta dan deposit tunai sebesar $30 juta.

Peretasan ini merupakan kejahatan terbesar di dunia cryptocurrency pada saat itu. Setelah kejadian tersebut harga bitcoin menjadi turun dari puncak tertingginya, hal ini diakibatkan adanya sentimen negatif dari minimnya proteksi bagi pengguna bitcoin.

Bubble harga bitcoin di 2017

Pada tahun ini harga bitcoin mengalami lonjakan yang sangat luar biasa, dari harga sekitar $1 000 menjadi $20.000 hanya dalam waktu singkat. Kenaikan ini dipicu oleh mulai tertariknya beberapa institusi keuangan terhadap keberadaan cryptocurrency.

Namun pada akhir bulan Januari 2018 harga bitcoin mulai longsor dari harga tertingginya hingga stabil dikisaran harga $6 000 per koinnya. Kejatuhan ini dipicu oleh kekawatiran pengguna teknologi crypto akan di perangi oleh beberapa lembaga regulator dunia karena terusik dengan keberadaan bitcoin.

Kilau Bitcoin ditengah masa pandemi

Masa pandemi akibat virus corona menjadi momentum yang tepat untuk melanjutkan trend bullish bitcoin. Bagaimana tidak, sejak awal pandemi berlangsung harga bitcoin merangkak naik dari harga $ 4.000 hingga mecapai sekitar $ 55.000 sangat luar biasa sekali kenaikannya.

Pada periode yang sama sektor industri yang lain mengalami penurunan yang cukup dramatis sejak 1929. Selain pasar saham yang terdampak, sektor pariwisata dan penerbangan pun tidak luput dari pandemi corona.

Selama masa pandemi, banyak negara yang berlomba mencetak uang fiat mereka untuk menutupi kebutuhan stimulus ekonomi agar terhindar dari krisis ekonomi. Pencetakan uang fiat yang jauh lebih massive dari biasanya berdampak pada naiknya angka inflasi.

Berbanding terbalik dengan bitcoin, justru mengalami deflasi setelah aktivitas halving bitcoin di bulan mei 2020. Bagaimana tidak, karena bitcoin mengalami pembatasan supplay dari aktivitas halving sedangkan pamor dari bitcoin semakin berkilau mengakibatkan permintaan yang meningkat.

Pamor bitcoin terus terangkat ketika fase digitalisasi industri berjalan lebih cepat dari biasanya akibat dari permintaan kondisi pandemi. Dimana pada masa pandemi setiap orang diharapkan menjaga jarak dan tidak saling berhubungan secara fisik.

Demikian artikel yang membahas tentang sejarah perkembangan bitcoin dari waktu ke waktu. Apakah bitcoin masih bisa melanjutkan kenaikannya?? kita lihat perkembangan selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *