Sejarah Doge Coin, si Coin Lelucon

  • Whatsapp

Sejarah doge coin di buat oleh seorang programmer Billy Markus dari Portland, Oregon. Awalnya si pembuat doge coin ini berharap bisa membuat cryptpcurrency yang menyenangkan penggunanya dan mengalami penyebaran yang lebih luas dari bitcoin.

Sejarah Doge Coin, si Coin Lelucon

Doge coin merupakam salah satu alternative cryptocurrency yang awal pemunculannya hanya sebagai lelucon. Awal launching coin ini pada tanggal 8 Desember 2013, dalam waktu satu bulan kapitalisasinya sudah mencapai US$ 60 juta.

Bacaan Lainnya

Doge coin merupakan mata uang digital peer to peer yang open source layaknya bitcoin. Doge coin memiliki block time yang lebih singkat apabila dibandingkan dengan block time bitcoin.

Fee untuk transaksi yang dikenakan untuk transfer doge coin relatif lebih murah. Hal ini memungkinkan doge coin digunakan sebagai mata uang digital pada transaksi skala kecil.

Fakta menarik lainnya yang dimiliki oleh coin ini, dia memiliki komunitas yang besar dan loyal serta sangat bersahabat. Pada awal kemunculannya doge coin juga sering disebut sebagai joke currency.

Cara kerja doge coin

Doge coin merupakan salah satu teknologi yang mengadopsi teknologi proof of work (POW). Dengan demikian, coin ini sangat bergantung pada proses penambangan untuk memvalidasi seluruh transaksi.

Jika ada salah seorang yang akan mengirim doge coin, transaksi tersebut akan dimasukan kedalam satu blok. Langkah selanjutnya, para penambang coin tersebut memverifikasi transaksi ini dengan proof o work.

Para penambang memeriksa transaksi yang sedang terjadi didalam blockchain doge coin. Jika tidak terdeteksi adanya kesalahan dalam transaksi tersebut, maka para miner tersebut akan membuat blok dengan transaksi baru kemudian menambahkannya ke dalam blockchain doge yang telah ada.

Setiap block baru yang telah tercipta kemudian dikirimkan ke dalam node jaringan. Node menggunakan para miner untuk terus memverifikasi dan mentransmisikan transaksi ke seluruh jaringan.

Kelebihan doge coin

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh jaringan blockchain doge adalah kecepatan transaksi. Kelebihan ini sangat disukai oleh para peminat koin di dunia.

Waktu konfirmasi lebih cepat, biaya transaksi rendah, nilai yang masih kompetitif serta komunitas yang ramah merupakann sederet kelebihann yang disandang oleh doge coin.

Kekurangan doge coin

Suatu coin memang tidak ada yang sempurna dari sebuah kekurangan, meskipun sekelas bitcoin. Begitu pula dengan doge coin, “coin lucu-lucuan” ini pun tak luput dari kekurangan.

Berikut ini beberapa kekurangan dari coin berlogo anjing shiba inu. Kurang stabil dari segi jaringan blockchainnya, kurang aman dari gangguan hacker.

Dimana kita bisa memperoleh doge coin

Saat ini doge coin sudah mendapatkan kepercayaan di banyak tempat, termasuk di beberapa exchanger crypto di Indonesia. Jika kita ingin memperoleh coin ini, bisa langsung membelinya di exchenger crypto tersebut.

Ada alteratif lain untuk mendapakan coin ini, melalui beberapa situs fauchet online dan cloud mining virtual. Silahkan searching di google saja untuk mendapatkan informasi tentang dua tempat ini. Hal yang perlu diperhatikan adalah kepercayaan dan keamanan tempat-tempat ersebut.

Kesimpulan dari pembahasan doge coin

Sebuah pertanyaan simpel tentang apa itu doge coin sudah terjawab, yaitu sebuah mata uang digital yang diciptakan pada sistem blockchain. Doge coin awalnya diciptakan hanya sebagai uang lelucon di dunia maya, tetapi saat ini sudah mempunyai komunitas yang loyal.

Blockchain merupakan teknologi yang cukup penting yang terlahir pada abad 21. Teknologi blockchain juga diyakini bisa memberikan perubahan yang lebih baik untuk kehidupan manusia dimasa yang akan datang.

Seperti halnya uang crypto yang lainnya, doge coin juga memiliki kekurangan dan kelebihan yang perlu dipertimbangkan sebelum mengkoleksinya. Setidaknya komunitas dari doge coin ini sudah terbukti solid, dari sejak diluncurkannya doge coin sampai sekarang masih solid dan terus berkembang.

Demikian artikel mengenai sejarah doge coin ini, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *