Sejarah Coin Binance (Binance Coin)

Sejarah coin binance di mulai pada tahun 2017. Binance yang merupakan salah satu cryptocurrency exchange terbesar didunia ini mengaluarkan token untuk melakukan pertukaran di platformnya.

Binance coin (BNB) didirikan oleh Changpeng Zhao. BNB awalnya diluncurkan sebagai token ERC-20 pada jaringan ethereum sebagai platformnya.

Bacaan Lainnya
Sejarah Coin Binance (Binance Coin)

Launching coin BNB awalnya melalui skema penawaran ICO. Penawaran perdana koin ini berlangsung dari 26 Juni – 3 Juli 2017. 100 juta token BNB dijual saat ICO dari total supplay 200 juta koin.

Harga penawaran umum perdananya untuk BNB adalah 1 ETH mendapatkan 2.700 BNB jika menggunakan ethereum. Sedangkan jika kita menggunakan BTC, 1 BTC akan mendapatkan 20.000 BNB.

Dana yang terkumpul dari hajatan penawaran perdana sebesar $15 juta. Dana ini digunakan untuk 3 macam pendanaan yaitu 50% untuk branding Binance exchange, 35% untuk peningkatan platform sistem dan 15% untuk dana cadangan darurat.

Hal luar biasa terjadi pada tahun 2019, yaitu migrasinya blockchain platform. Awal peluncurannya BNB menggunakan platformm ETH kemudian bermigrasi ke Binance chain yang merupakan jaringan milik sendiri.

Tujuan dari coin BNB

Coin BNB ini sedari awal peluncurannya memang akan digunakan pada platform pertukaran mata uang kripto Binance. Dengan modal awal sebagai platform pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia, maka coin BNB sudah memiliki nilai plus tersendiri.

Penggunaan coin Binance ini bisa digunakan pada perdagangan cryptocurrency Binance dan DEX (Decentralize Exchange). Binance DEX ini bisa di akses oleh seluruh pengguna di penjuru dunia kecuali warga negara AS. Di DEX ini, BNB bisa untuk memperjualbelikan dengan lebih dari 100 mata uang kripto.

BNB coin juga bisa digunakann untuk membayar biaya pertukaran pada platform Binance. Jika kita melakukan transaksi jual dan beli di platform ini, maka fee yang untuk melakukan segala transaksi di platform ini bisa menggunakan binance coin.

Berikut beberapa alasan yang bisa digunakan untuk memilih coin Binance sebagai investasi.

Binance merupakan bursa kripto nomer satu di dunia

Binance merupakan bursa kripto urutan pertama dari segi pengguna aktif dan volume transaksi. Dengan digunakannya token BNB sebagai alat transaksi di bursa jual beli kripto maka terdapat demand yang cukup besar.

Bursa pertukaran kripto Binance memiliki reputasi yang sangat baik di mata komunitas kripto sebagai pendukung semangat desentralisasi dan ideologi tokenisasi. Pernyataan yang sangat mendukung kripto pun sering dilontarkan oleh pemilik Binance.

Proses pembakaran (burning) token BNB

Binance telah melakukan komitmen untuk membakar 20% dari keuntungan biaya trading setiap kuartalan per tahunnya. Tujuan dari aktivitas ini adalah untuk membakar 100 juta token BNB yang telah terjual saat ICO.

Pembakaran coin yang telah beredar di pasaran merupakan hal yang cukup penting dalam ekonomi blockchain. Dengan adanya burning koin diharapkan akan menekan laju inflasi dari koin itu sendiri. Dengan berkurangnya supplay, dibarengi dengan kebutuhan yang stabil atau meningkat maka akan menaikan harga koin tersebut.

Dibentuknya Binance chain

Seperti dijelaskan di awal, bahwa binance coin ini mulanya di luncurkan diatas platform blockchain ethereum dalam bentuk token ERC-20. Namun belakangan Binance melakukan gebrakan yang sangat luar biasa dengan diluncurkannya binance chain.

Dengan adanya binance chain ini, memungkinkan proyek kripto untuk menggalang dana dan meluncurkan token mereka pada fitur lunch pad binance. Dengan adanya hal ini, maka akan memperbanyak kegunaan dari token BNB.

Demikian artikel yang membahas tentang sejarah binance coin (BNB) serta kelebihan yang terdapat pada coin tersebut. Semoga bermanfaat.

Pos terkait