Perbedaan Koin dan Token

  • Whatsapp

Kata koin dan token adalah kata yang sering digunakan sebagai persamaan kata dan banyak orang mengira bahwa koin dan token ini tidak terdapat perbedaan. Tetapi koin dan token tersebut sangat berbeda konsep sekali. Jadi banyak pengguna crypto yang bingung antara koin dan token dan apa sih perbedaan antara dua itu?

Dalam lingkup cryptocurrency yang sering berubah-ubah, kemunculan istilah baru sering menyebabkan kebingungan dan penyalahgunaan oleh crypto user. Semua koin dan token sering dianggap sebagai cryptocurrency, yang pada kenyataannya bahwa banyak dari mereka tidak beredar sebagai mata uang dan tidak pernah dimaksudkan sebagai mata uang kripto. Secara definisi, mata uang adalah alar tukar, satuan akun atau penyimpan suatu nilai yang dapat diperjualbelikan. Pada teknologi internet terbaru ini muncullah yang dinamakan dengan bitcoin, yaitu mata uang digital. Bitcoin ini memiliki banyak fitur. Tapi semua koin dan token diproduksi secara massal ketika bitcoin sukses diluncurkan dan banyak peminatnya. Jadi semua koin dan token adalah dua jenit unit yang dibuat menggunakan teknologi kriptografi yang dinamakan dengan cryptocurrency. Memang membingungkan khususnya untuk yang ingin membeli beberapa cryptocoin.

Bacaan Lainnya

Perbedaan Koin dan Token

#Koin

koin dan token

Koin adalah uang digital yang dibuat dengan menggunakan teknik enkripsi dari cabang ilmu kriptografi sehingga menyimpan nilai sedngan seiring berjalannya waktu. Pada dasarnya sama saja dengan uang digital. Contoh yang paling terkenal adalah bitcoin yang didasarkan pada blockchain yang dibuat dengan tujuan transparasi transaksi sehingga mengurangi tindak penipuan secara online yang sering diadakan oleh pihak oraganisasi. Teknologi blockchain juga dapt digunakan secara umum dan koin yang digunakan pada teknologi blockchain ini dibuat khusus seperti ripple dan monero.

Coin pun mempunya kesamaan dengan uang biasa, hanya saja perbedaan yang sangat ketara adalah sepadan, terbagi-bagi kedalam beberapa blok, diterima, ramah bagi pengguna, dan tentunya yang menjadi kelebihan dari coin crypto adalah banyaknya yang terbatas. Hal ini menyebabkan keuntungan bagi orang yang ambisius dan tekun untuk mendapatkannya. Yang jelas koin crypto ini sangat menguntungkan dan tak terbatas untuk mencarinya. Asalkan ada kemauan untuk menenkuni dibidang cryptocurrency ini.

Karakter utama dari coin adalah:

1. Terikat dengan blockchain yang terbuka. Siapapun orang yang diperbolehkan untuk bergabung dan berpartisipasi di jaringan.
2. Bisa dikirim, diterima maupun dimiliki. Coin tidak seperti uang biasa dengan berbagai fungsinya

#Token

koin dan token
Token adalah salah satu dari aset yang bersifat digital yang dapat diperoleh dari proyek yang bisa juga digunakan sebagai metode pembayaran pada lingkup proyek yang dibuat dan juga fungsinya hampir sama dengan coin. Tetapi yang membedakan adalah jika koin bisa diperoleh di manapun proyek, sedangkan token hanya dapat diperoleh dari organisasi yang membuat suatu proyek seperti gopay, ovo, dana, dll. Token dapat melakukan fungsi yang sama seperti mata uang lainnya, tetapi zaman sekarang banyak provider yang membuat uang digital yang bersifat token sehingga pengguna mempunyai hak privillage untuk dapat mengakses aset digital dari suatu organisasi/ perusahaan pembuat. Dengan adanya token digital ini, anda mempunyai kemudahan dalam proses pembayaran. Tak perlu membawa dompek, hanya dengan login ke akun token anda, anda pun bisa menggunakannya sebagai metode pembayaran seperti membayar makanan di suatu restoran, ataupun membayar tiket penerbangan tujuan anda. Dengan menawarkan tiingkat keamanan yang sangat tinggi, token akan mawakuli aset sehinggan token keamanan dan utilitas dibedakan karena memang dirancang untuk menjadi bagian perusahaan ataupun dirancang menjadi utilitas tertentu dalam proyek (BON Token).

Baca Juga : Belajar Bounty untuk Pemula

Itulah perbedaan antara coin dan token. Perbedaan yang paling terlihat adalah hak privilage yang ditawarkan dan penyedia uangnya. Jika coin itu bebas, terbatas nilainya, dan siapapun bisa memilikinya sedangkan token tidak bebas, tak terbatas nilainya, dan memiliki hak privilage dari suatu oraganisasi/ perusahaan penyedia proyek.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Salam hangat dari penulis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *