Perbedaan Analisis Saham Fundamental Dan Teknikal

  • Whatsapp

Perbedaan Analisis Saham Fundamental Dan Teknikal – Saham merupakan cara untuk dapat investasi yang dapat memberikan capital gain dan capital loss. Investasi dalam bentuk saham memang sudah menjadi pilihan yang sangat menarik karena keuntungan yang akan didapatkan biasanya menjadi lebih besar. Ada baiknya sebelum investasi dengan saham, anda harus mengetahui tentang cara analisis saham yang baik dan mengetahui tips memilih saham. Analisis saham ada dua jenis, yaitu analisis saham fundamental dan analisis saham teknikal. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan mengetahi analasis saham fundamental dan teknikal, ada baiknya anda membaca artikel ini secara keseluruhan.

Analisis Saham Fundamental Dan Teknikal

#1 Analisis Saham Fundamental

Analisis saham fundamental adalah cara seseorang untuk menganalisis saham secara mendasar. Mendasar ini meliputi beberapa faktor kondisi perusahaan seperti kondisi ekonomi yang merupakan faktor penting untuk menunjang keberhasilan dari suatu perusahaan. Analisis saham fundamental berfungsi untuk mengukur kinerja suatu perusahaan apakan perusahaan tersebut sedang dalam keadaan baik ataupun dalam kondisi yang kurang baik.

Bacaan Lainnya

Biasanya analiss saham fundamental ini menganalisis perusahaan secara keseluruhan dengan dasar untuk dapat menghitung dan memperkirakan tentang haraga saham yang dapat di investasikan. Awalnya analis perusahaan ini menyeleksi saham yang memang berpotensi layak untuk diteruskan yang meliputi kondisi ekonomi makro, sektor industri perusahaan dan dalam kondisi apa perusahaan yang dianalisis.

Untuk dapat investasi di suatu perusahaan, anda harus mengetahui tentang perusahaan penerbit saham. Anda pun dapat mengecek informasi terkait menggunakan tabel yang memang dikerluarkan oleh perusahaan tersebut. Bagian yang perlu anda perhatikan yaitu yang berhubungan dengan ekonomi makro dan mikro perusahaan seperti pendapatan per saham, pembukuan yang sistematis, laporan tutup buku tahunan dan rasio pengeluaran pertahun.

Untuk memilih saham yang baik secara analisis fundamental, simak berikut tipsnya

  • Mempunyai investasi pasar yaitu lebih dari Rp 500.000.000.
  • Memiliki model sistem penawaran efek di pasar modal yang jelas sehingga mudah dipahami investor lain
  • Laba yang dihasilkan oleh perusahaan penyedia saham haruslah konsisten yang dilihat dari laporan tutup buku tahunan
  • Perusahaan penyedia saham memilihi hutang yang tidak lebih besar dari DER
  • Perusahaan penyedia saham harus mendapat predikat market leader
  • Harga pasaran saham perusahaan berbeda jauh dengan perusahaan penyedia saham lainnya

#2 Analisis Saham Teknikal

Analisis saham teknikal adalah cara seseorang menganalisis saham yang meliputi kegiatan secara teknik seperti perubahan harga saham, penggunaan data yang digunakan pada perusahaan penyedia bursa saham. Biasanya analisis bursa saham lebih dikenal sebagai metode analisis yang digunakan pada bursa saham dunia.

Analisis teknikal biasanya digunakan untuk memprediksi harga saham dan untuk mengetahui tentang bagaimana kondisi pasar yang sedang terjadi sehingga akan lebih mudah untuk mengetahui strategi apa yang nantinya akan digunakan untuk meningkatkan kualitas saham dan memprediksi apakah membeli suatu saham atupun menjual suatu saham di dalam perusahaan.

Untuk memilih saham yang baik secara analisis teknikal, simak berikut tipsnya:

  • Perusahaan penyedia saham harus mempunya chart trend lebih dari 45 derajat
  • Jangan membeli saham yang tidak mempunya kenaikan harga dan penurunan harga sebanyak 80%
  • Likuiditas tinggi dan memiliki volatilitas tinggi sehingga investasi dapat terus stabil.
  • Perusahaan penyedia saham harus memiliki banyak lot yang menyebabkan harga menjadi stabil dari waktu ke waktu
  • Saham yang ditanam oleh perusahaan penyedia saham memiliki pangsa pasar.

Itulah perbedaan tentang analisis saham fundamentln dan teknikal. Semoga dapat membantu anda dalam mencari perbedaan tentang analisis suatu saham. Kesimpulannya adalah analisis fundamental lebih menekankan di dalam kondisi suatu perusahaan secara dasar, sedangkan analasis teknikal lebih menekankan ke analisis secara teknikal yang tujuannya yaitu untuk menentukan harga saham sedang naik ataupun turun.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga dapat membantu untuk menjawab kebingungan anda mengenai perbedaan analisis saham fundamental dan teknikal.

Salam hangat dari penulis.

Pos terkait