Penggunaan Blockchain di Indonesia

  • Whatsapp

Apa itu blockchain

Penggunaan Blockchain di Indonesia  – Blockchain adalah teknologi terbaru yang dapt membantu manusia untuk memproses sistem transaksi secara terdesentralisasi yaitu mata uang yang dicetak berasal dari penggunanya dan tidak di atur oleh lembaga manapun. Teknologi blockchain ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto. Awalnya, Satoshi ini merasa khawatir tentang mata uang yang diolah dengan pemerintah. Akan tetapi, hal iitu menyebabkan Satoshi membuat suatu teknologi yang mendukung sistem keuangan secara transparan.

Teknologi blockchain ini mempunyai suatu kegunaan yang amat sangat berdampak besar untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia dan berdampak besar juga bagi negara lain. Pemanfaatan teknologi dibidang ekonomi ini akan sangat mempengaruhi sistem yang terjadi saat ini dan mempunyai banyak sekali manfaat. Manfaat yang bisa didapat jika menerapkan teknologi ini adalah tidak adanya lembaga yang mengatur alur mata uang, transparan, dan semua pengguna teknologi blockchain ini mempunya hak paten untuk dapat mengatur informasi dan rekam transaksi.

Bacaan Lainnya

Aturan alur mata uang yang di atur oleh blockchain ini mempunyai suatu algoritma sistem cerdas komputer yang ketika pengguna bertambah, maka blok yang ada di blockchain akan otomatis bertamabah. Selain alur mata uang, teknologi blockchain mempunyai sifat transparan yang artinya semua orang dapta mengetahui berapa banyak uang yang dimiliki seseorang tetapi sebagai privasi, kita tidak bisa melihat siapa yang mempunyai uang tersebut.

Dibalik kegunaan blockchain tersebut, teknologi blockchain ini mempunyai keuntungan yang sangat besar. Anda bisa menginvestasikan uang anda dalam bentuk mata uang bitcoin. Jika uang yang ada di bitcoin wallet anda banyak atau sedikit, ketika ada inflasi mata uang komersil uang yang anda investasikan tidak akan berubah nilainya. Tetapi, memang untuk mencari bitcoin ini tidaklah mudah karena memang jumlah nya terbatas dan memang diperuntukkan bagi orang yang ingin investasi pada mata uang bitcoin

Perkembangan blockchain di Indonesia

Di Indonesia sendiri, teknologi blockchain ini sudah dilegalkan. Bahkan salah satu bank ternama di Indonesia yaitu BCA sudah mengklaim bahwa BCA sudah menerapkan sistem blockchain untuk proses transaksinya. Presiden direktur mengungkapkan bahwa penggunaan blockchain untuk sistem transaksi bank sangat mendapat banyak keuntungan, seperti mempercepat proses transaksi dan biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah. Mengapa dikatakan lebih murah? Karena teknologi blockchain ini dinilai sangat efisien dan cepat untuk dapat diterapkan khususnya pada sistem perbankan. Selain bank, teknologi blockchai ini dapat diterapkan di koperasi kecil sehingga mengalokasikan transaksi agar terdistribusi dengan baik.

Penggunaan blockchain di Indonesia masih belum terlalu marak untuk diikuti karena minimnya pengetahuan masyarakat Indonesia yang awam untuk memahami perkembangan zaman. Dengan adanya teknologi blockchain ini, Indonesia dapat lebih berkembang di sektor operasional sistem perusahaan. Selain BCA, dikabarkan bahwa beberapa bank di Indonesia akan menerapkan teknologi bitcoin ini, yaitu BNI, Bank Mandiri, Bank Permata, BRI dan Bank Danamon.

Bagaimana prospek penggunaan blockchain di Indonesia

Bila Indonesia ingin menerapkan teknologi blockchain ini, tentunya semua sektor dibidang pemerintahan haruslah siap dengan segala regulasi yang ada. Untuk menerapkan teknologi blockchain, pemerintah harus bekerjasama untuk menyimulasikan bagaimana keuntungan bila teknologi ini diterapakan dengan memberikan seminar tentang teknologi blockchain bagi masyarakat yang masih awam mengenai teknologi terbaru ini.

Baca Juga : Perusahaan Blockchain di Indonesia

Itulah artikel tentang penggunaan blockchain di Indonesia, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu dalam dunia internet yang maya ini. Memang pengguakan blockchain di Indonesia masih belum terlalu baik dibandingkan di negara lainnya. Tapi hal yang terpenting adalah beberapa perusahaan ternama sudah turut serta dalam mengembangkan teknologi terbaru bitcoin ini.

Salam hangat dari penulis dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Pos terkait