Pengguna Blockchain Mengancam Keberadaan Bank

  • Whatsapp

Pengguna blockchain mengancam keberadaan bank – Perkembangan zaman dari hari ke hari mengalami kemajuan teknologi yang sangat pesat. Mulai dari terciptanya komputer yang sangat besar, berkembang menjadi komputer yang dapat dibawa kemana saja. Kemajuan teknologi juga diiringi dengan perubahan kebiasaan masyarakat yang menginginkan sifat mudah dan praktis. Tak heran jika orang zaman sekarang selalu mengandalkan teknologi di berbagai bidang.

Penggunaan teknologi mempunyai pengaruh yang sangat tinggi terhadap kebiasaan manusia. Jika zaman dahulu kita sangat sulit bertukar pesan dengan jarak jauh, tetapi dengan adanya email dan aplikasi yang diciptakan, semua orang dapat dengan mudah bertukar pesan dengan jarak yang jauh. Selain berkomunikasi, teknologi juga berperan penting dalam kemajuan dibidang ekonomi. Seperti teknologi terbaru untuk transaksi yang bernama blockchain.

Bacaan Lainnya

Kelebihan Blockchain Mengancam Bank

pengguna blockchain

Blockchain adalah buku digital yang dapat digunakan untuk transaksi digital. Selain itu, blochchain bisa juga untuk di terapkan pada jasa-jasa yang mengatur keuangan, seperti bank. Pada awal mula blockchain pertama kali diluncurkan, auntusias orang untuk menjadi pengguna blockchain sangtlah tinggi karena mempunyai kelebihan utamanya yaitu terdesentralisasi dan menawarkan transparasi transaksi. Oleh karena itu, banyak yang memprediksi bahwa teknologi blockchain ini dapat membawa pengaruh yang sangat besar untuk dunia ekonomi dan dapat mengancam bank-bank yang ada dalam sistem pemerintahan. Mengapa bisa diprediksi demikian? Karena teknologi bitcoin ini tidak seperti bank umum seperti biasanya yang hanya dapat diatur oleh pihak yang berwenang saja.

Berbeda dengan sistem perbankan yang ada yaitu blockchain tidak dimiliki oleh siapapun dan dapat digunakan oleh berbagai pengguna blockchain yang tersebar di seluruh dunia. Dengan kelebihan yang benar-benar transparan, membuat pengguna blockchain memperoleh kepercayaan untuk dapat menggunakan teknoogi tersebut untuk berinvestasi. Dalam segi keamanan, blockchain ini menawarkan sistem keamanan yang sangat inovatif. Mekanisme keamanan yang melibatkan semua pengguna blockchain di seluruh dunia. Jika ingin memperoleh sistem keamanan yang lebih tinggi, yang diperlukan adalah menambah pengguna blockchain yang lebih banyak agar blok-blok yang tersusun dapat pula semakin sempit sehingga lebih kecil tingkat keamanannya untuk diretas.

pengguna blockchain
Pengguna blockchain yang tersebar di berbagai negara dapat pula mengancam bank yang ada. Karena jika pengguna blockchain semakin banyak, akan berkurang pula orang yang menggunakan bank komersil saat ini sehingga mau tidak mau nantinya bank komersil tersebut dapat tergantikan oleh teknologi blockchain ini. Sejak blockchain diluncurkan, bersamaan pula dengan hadirnya mata uang digital yang bernama bitcoin. Bitcoin ini dapat menjadi wadah untuk menginvestasikan uang anda karena jelas lebih menguntungkan dibandingkan anda investasi uang anda di bank. Bagaimana tidak, dengan kelebihan yang ditawarkan oleh mata uang bitcoin ini akan membawa dampak yang sangat tinggi. Misalnya saja, jika mata uang biasa dapat menyebabkan inflasi sehingga nilai mata uangnya turun. Tetapu yang menarik adalah nilai mata uang bitcoin akan sama atau bisa dikatakan tidak akan terpengaruh seperti nilai mata uang biasa yang diatur oleh pemerintah.

Teknologi blockchain manawarkan kemanan yang sangat tinggi. Misalnya saja jika suatu saat anda mengalami bencana alam dan anda tidak sempat untuk menyelamatkan sertifikat tanah anda atau anda mengalami kehilangan sertifikat tanah anda ataupun pihak bank terkena bencana alam yang menyebabkan kerusakan sertifikat tanah anda, maka besar kemungkinan anda akan kehilangan tanah anda tersebut karena tidak mempunyai bukti konkret mengenai tanah yang anda punya. Hal ini menyebabkan kerugian yang sangat berarti. Bayangkan jika anda adalah pengguna blockchain. Anda pun tidak perlu mengalami hal demikian karena anda sudah memasukkan data sertifikat tanah anda pada blockchain dan dengan kata lain, anda tidak perlu khawatir jika suatu saat anda kehilangan sertifikat tanah yang anda punya.

Itulah artikel tentang pengguna bitcoin mengancam keberadaan bank. Sekian dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Salam hangat dari penulis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *