Pengertian Jual Beli Saham dan Macam-Macam Transaksi

Istilah saham sudah tak asing lagi ditelinga kita. Hampir jika kita mendapatkan informasi dari berita elektroknik, cetak ataupun media sosial jika membahas perekonomian erat kaitannya dengan saham. Namun bagi orang awam mungkin sering mendengar akan tetapi masih belum tahu dan paham. Dalam artikel ini penulis akan membantu mengenai pengertian saham kemudian bagian-bagia dari saham itu sendiri

Pengertian Jual Beli Saham

pengertian jual beli saham

#1 Pengertian Saham

Pengertia saham adalah surat bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Saat ini di Indonesia hanya ada saham atas nama, artinya pemilik perusahaan adalah nama yang tercantum dalam surat berharga tersebut. Sedangkan saham atas unjuk, mengacu pada siapa yang dapat menunjukkan surat berharga tersebut sebagai pemilik perusahaan. Yang seperti ini sudah tidak populer lagi bahkan tidak ada. Lagi pula saham saat ini berupa elektronik, tidak berupa script seperti ijasah. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah transaksi, lebih praktis dan meminimalkan resiko kejahatan seperti pemalsuan.

Bacaan Lainnya

#2 Beberapa Tipe Saham

Tipe saham adalah sebagai berikut :

Ø Saham biasa/Common Stock yaitu seperti yang tersebut diatas. Saham jenis ini yang
biasanya diperjualbelikan di Bursa Efek.

Ø Saham Preferen/ Prefered Stock, yaitu saham yang memiliki prioritas lebih tinggi
dibanding saham biasa dalam pembagian dividen dan aset. Kadangkala memiliki hak
pilih yang lebih tinggi seperti kemampuan untuk memveto penggabungan atau
pengambilalihan atau hak untuk menolak ketika saham baru dikeluarkan (yaitu,
pemegang saham preferen dapat membeli saham yang dikeluarkan sebanyak yang dia mau sebelum saham itu ditawarkan kepada orang lain).

Ø Saham Harta/Treasury Stock yaitu saham biasa yang dibeli kembali oleh
emiten/perseroan yang dimaksudkan untuk investasi dimana saham tersebut dapat
dijual kembali untuk mendapatkan gain.

#3 Macam-macam Transaksi

Beberapa pengertian saham sudah dijelaskan di bagian awal tadi, seteleah pengertian saham terdapat pula macam-macam transaksi :

· Transaksi instant. Yakni transaksi dimana dua pihak pelaku transaksi melakukan serah terima jual beli secara langsung atau paling lambat 2 kali 24 jam.

· Transaksi berjangka. Yakni transaksi yang diputuskan setelah beberapa waktu kemudian yang ditentukan dan disepakati saat transaksi. Terkadang harus diklarifikasi lagi pada hari-hari yang telah ditetapkan oleh komite bursa.

#4 Kerugian Perdagangan Saham

Capital Loss adalah kerugian yang diperoleh dari selisih harga jual dan harga beli saham. Capital Loss Merupakan kebalikan dari Capital Gain, yaitu suatu kondisi dimana investor menjual saham lebih rendah dari harga belinya.

Perusahaan hanya akan membagikan dividen jika perusahaan dapat menghasilkan keuntungan. Dengan demikian perusahaan tidak dapat membagikan dividen jika perusahaan tersebut mengalami kerugian. Dengan demikian potensi keuntungan pemodal untuk mendapatkan dividen ditentukan oleh kinerja perusahaan tersebut.

Pembeli dalam pasar ini kebanyakan membeli menjual kembali barang yang dibelinya sebelum dia terima. Orang kedua itu juga menjualnya kembali sebelum dia terima. Demikianlah jual beli ini terjadi secara berulang-ulang terhadap satu objek jualan sebelum diterima, hingga transaksi itu berakhir pada pembeli terakhir yang bisa jadi sebenarnya ingin membeli barang itu langsung dari penjual pertama yang menjual barang yang belum dia miliki, atau paling tidak menetapkan harga sesuai pada hari pelaksanaan transaksi, yakni hari penutupan harga. Peran penjual dan pembeli selain yang pertama dan terakhir hanya mencari keuntungan lebih bila mendapatkan keuntungan saja, dan melepasnya bila sudah tidak menguntungkan pada waktu tersebut persis seperti yang dilakukan para pejudi.

Yang dilakukan oleh para pemodal besar dengan memonopoli saham dan sejenisnya serta barang-barang komoditi komersial lain di pasaran agar bisa menekan pihak penjual yang menjual barang-barang yang tidak mereka miliki dengan harapan akan membelinya pada saat transaksi dengan harga lebih murah, atau langsung melakukan serahterima sehingga menyebabkan para penjual lain merasa kesulitan.

Demikian Pengertian jual beli Saham dan juga berbagai bagia didalamnya, semoga kita bisa lebih melihat sisi manfaat dibandingkan sisi mudaratnya. Semoga artikel memberika manfaat.

Pos terkait