MENABUNG Rp.5000 DI AWAL TAHUN, AKHIR TAHUN BISA AMBIL Rp. 6JTAN

  • Whatsapp
MENABUNG Rp.5000 DI AWAL TAHUN, AKHIR TAHUN BISA AMBIL Rp. 6JTAN

Investasi merupakan salah satu cara untuk melipat gandakan asset yang dimiliki saat ini untuk masa depan. Tentunya sebelum melakukan investasi kita harus memiliki asset sebagai modal awal, jika tidak memiliki asset bagaimana bisa berinvestasi?? Jadi sebelum kita melangkah jauh kedepan membahas investasi mari kita bahas dulu cara untuk menciptakan asset sebagai modal pertama untuk investasi. Salah satu cara untuk menciptakan asset adalah dengan menabung. Ya…menabung sebuah kata yang sudah tidak asing lagi bagi kita, tapi sangat susah untuk diaplikasikan.

Menabung merupakan bentuk dari kata kerja (verba) dan dalam Kamus Besar Bahas Indonesia (KBBI) memiliki arti menyimpan uang bisa di tabungan, kantor pos, bawah bantal juga bisa. Bagi teman-teman yang sudah memiliki gaji tiap bulan kadang kita merasa gaji hanya numpang lewat saja direkening, beberapa hari setelah gajian rekening kosong lagi. Sangat susah sekali untuk menabung padahal kita sudah berpenghasilan.

Bacaan Lainnya

Beberapa waktu yang lalu booming istilah menabung ala 52 weeks money challenge. Mungkin cara ini bisa membantu kita untuk membangun asset awal untuk investasi dengan cara menabung. Tetapi cara ini harus progresif serta di barengi dengan rasa komitmen dan konsisten yang sangat tinggi. Langkah pertama kita harus komitmen untuk melakukannya setiap minggu. Langkah kedua tentukan modal awal yang akan kita setor dan dan tambahkan dengan modal awal yang kita tentukan untuk minggu berikutnya. Misalnya kita memilih setoran pertama di awal tahun Rp.5000, maka untuk week ke-2 setoran kita menjadi Rp. 5000 + Rp. 5000 = Rp. 10.000 dan untuk week ke-3 Rp. 10.000 + Rp. 5000 = 15.000 untuk week ke-4 Rp.15.000 + Rp. 5000 = Rp.20.000 dan begitu seterusnya hingga week 52. Kita bisa memilih nominal setoran awal tahun lebih besar atau lebih kecil dari Rp.5000. Langkah ketiga sediakan celengan dan tabel, letakan tabel yang telah kita buat di tempat-tempat yang sering kita lalui agar menjadi motivasi, misalnya di lemari es. Langkah keempat saat menentukan nominal setoran di awal tahun bayangkan uang yang harus kita tabung akan bertambah setiap minggunya, jadi jangan sampai pada bulan pertama kita konsisten tetapi pada enam bulan terakhir kita merasa terbebani. Naah…jika kita konsisten melakukana ini pada akhir tahun nanti kita akan memiliki uang tabungan sebesar Rp. 6.890.000.

Dengan asset awal hasil menabung ini, bisa kita gunakan untuk modal awal berinvestasi. Instrument investasi bisa kita pilih sesuai dengan profil resiko dan tujuan kita berinvestasi. Bisa kita masukan ke reksadana, bisa kita gunakan untuk membuka rekening dana investor (RDI) untuk investasi di saham atau bisa juga kita belikan logam mulia sebagai instrument investasi.

Selamat berinvestasi…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar