Mekanisme Jual Beli Saham di Bursa Efek yang Wajib Kamu ketahui Tahun 2019 !!

  • Whatsapp

Mekanisme Jual Beli Saham di Bursa Efek yang Wajib Kamu ketahui Tahun 2019!! – Hallo sahabat enterpreneur salam hebat luar biasa. Dewasa ini jual beli saham sudah sangat lazim sekali di lakukan. Namun untuk anda yang masih sangat asingd engan istilah ini. Tentu merasa bingung atau bahkan takut untuk melakukan sebauh transaksi jual beli saham.

Perlu kamu kethui bahwa dalam sistem pasar modal yang ada di indonesia ini,kita tidak bisa dengan sembarangan untuk menginvestasikan uang ke perusahaan tertentu. Dan juga orang yang dapat menjual atau membeli saham tidak lah sembarangan juga.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa syarat dan prosedur yang wajib untuk di penuhi dalam transaksi jual beli saham. Maka dari itu sebelum anda memutuskan untuk melakukan transaksi jual beli saham. Anda wajib untuk membaca artikel ini. Karena artikel ini akan membahas tentang bagaimana sih tahapan dan prosedur dalam melakukan transaksi jual beli saham yang bisa anda pahami dan lakukan sekarang juga.

Terdapat beberapa langkah untuk melakukan jual beli saham dan tentunya kami akan membantu anda menjelaskan tahap apa saja di bawah ini. Jadi simak dengan baik semua informasi yang kamu sampaikan hingga selesai. Berikut adalah cara jual beli saham adalah hal yang wajib banget anda ketahui di tahun 2019. Karena dengan mengetahui, selain menambah wawasan anda. Ini juga bisa menjadi bekal untuk anda dalam berinvestasi kelak.

 

Mekanisme Jual Beli Saham di Bursa Efek yang Wajib Kamu ketahui Tahun 2019

mekanisme jual beli saham di bursa efek

#Update tahun 2021

#1 Mekanisme Jual Beli Saham di Bursa Efek: 

Langkah pertama yang dapat anda lakukan untuk dapat melakukan sebuah transaksi jual beli saham adalah sebagai berikut :

Anda harus menjadi seorang nasabah di sebuah Perusahaan Efek Indonesia, atau biasa disebut dengan BEI. Jika anda ingin menjadi seorang investor, maka anda harus terlebih dahulu menjadi seorang nasabah, atau secara sederhananya anda harus mendaftar dan membuka rekening bank di sebuah perusahaan bursa efek. Setelah anda membuka rekening bank, dan telah resmi menjadi seorang nasabah. Maka anda akan resmi menjadi seorang investor juga. Dan anda sudah bisa melakukan sebuah kegiatan investasi di perusahaan yang memang berpotensi memberikan dividen cukup besar bagi anda.

#2 Pesanan Dari Nasabah Jual Beli Saham

Langkah yang kedua yang perlu kamu lakukan ketika sudah menjadi seorang nasabah di Bursa efek indonesia adalah melakukan pesanan dari nasabah. Karena kegiatan transaksi jual beli saham biasa dilakukan dan di awali dengan intriksi yang disampaikan oleh investor kepada pialang. Nah pada tahap ini juga anda akan mendapatkan perintah atau pesanan yang dapat di lakukan dengan langsung. Hal ini terjadi dimana investor datang ke sebuah kantor pialang, atau ketika informasi tersebut di sampaikan dengan komunikasi lainnya

#3 Pesanan di teruskan ke Floor Trader

Jika kamu telah selesai melakukan pesanan, dan sudah masuk kepada perusahan teresbut. Maka pesananmu akan masuk ke petugas pialang yang berada di sistem bursa efek tersebut.

mekanisme jual beli saham di bursa efek

#4 Pesanan di Teruskan ke JATS

Jika sebelumnya transaksi di masukan ke Floor Trader, kemudiakan mereka akan meng entry semua pesanan yang telah di terima dalams ebuah sistem komputer yang bernama JATS. Hal ini baisa dilakukan di lantai bursa, Biasanya terdapat elbih dari 400 terminal JATS yang menjadi entri transaksi nasabah dalam bursa efek.

#5 Matched & Settlement

Langkah yang terakhir terjadi adalah Matched atau baisa dikenal dengan transaksi jual beli saham telah terjadi. Yang dalam artian pembeli dan penjual saham telah bertemu dengan harga yang cocok. Lalu kemudian terjadilah sebuah Setelement. Dimana investor tidak dengan otomatis mendapatkan hak – hak nya karena di tahap ini juga masih di butuhkan beberapa tahapan kriling, dan pemindahbukuan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *