Langkah-langkah/ Alur Proses Jual Beli Saham di Pasar Modal

Langkah-langkah/ alur proses jual beli saham di pasar modal  – Proses transaksi jual beli saham adalah proses jual beli yang dilakukan dengan non tunai. Proses transaksi di pasar modal mempunyai aturan yang memberlakukan ketentuan T+3, yang artinya melalui 3 proses transaksi. Proses transaksi tersebut adalah transaksi dilakukan hari ini, penyerahan saham dihari keempat setelah transaksi, dan pembayaran dilakukan pada hari ke empat setelah transaksi juga. Proses jual beli saham di pasar modal mempunyai 5 tahapan yang harus dilakukan dan melibatkan beberapa aktor untuk dapat melakukan transaksi jual beli di pasar modal.

Alur Proses Jual Beli Saham di Pasar Modal

alur proses jual beli saham di pasar modal

Berikut merupakan langkah-langka/ alur proses jual beli saham di pasar modal:

Bacaan Lainnya

#1 Menjadi Nasabah

langkah pertama yang harus dilakukan untuk dapat melakukan jual beli saham di pasar modal adalah menjadi nasabah di suatu perusahaan efek. Pilihlah perusahaan efek yang anda percaya agar anda dapat bertransaksi secara aman. Bacalah ketentuan sebelum mendaftarkan diri pada suatu perusahaan efek karena setiap perusahaan mempunyai aturan yang berbeda-beda.

#2 Pesanan dari nasabah

Untuk dapat melakukan transaksi jual beli saham di pasar modal, anda harus melakukan pemesanan saham terlebih dahulu. Pesanan tersebut akan diteruskan melalui pialang (orang yang menghubungkan investor dan perusahaan bursa efek) melaui komunikasi secara langsung ataupun dengan alat komunikasi lainnya untuk melakukan kegiatan transaksi.

#3 Pesanan diteruskan ke floor trader

Setelah pesanan anda diproses melalui pialang yang berada di lantai bursa (floor trader) dan selanjutnya pesanan anda akan di inputkan ke dalam sistem komputer JATS. Sistem komputer ini merupakan sarana entri pesanan dari nasabah sehingga pesanan yang anda pesan dapat dipantau oleh pihak yang terlibat. Dalam proses ke 3 ini, terjadilah suatu komunikasi aktif antara pialang dan investor agar tujuan pesanan anda dapat diketahui apakah anda akan menjual ataupun membeli saham.

#4 Perubahan pesanan

Pada langkah ke empat ini, pesanan anda akan berganti status menjadi matched dan pesanan anda dimasukkan ke dalam sistem JATS agar harga jual ataupun harga beli dapat diketahui. Pada tahap ini, pesanan anda akan tercatat sebagai transaksi yang telah terjadi (Matched) dan pihak floor trader akan memberikan informasi kepada investor (anda) bahwa pesanan anda terlah terpenuhi.

Baca Juga : Pengguna Blockchain Mengancam Keberadaan Bank

#5 Penyelesaian transaksi (settlement)

Langkah terakhin ini adalah proses penyelesaian transaksi seperti proses kliring, pemindahbukuan, dll. Proses penyelesaian transaksi ini dibutuhkan agar hak-hak investor dapat terpenuhi dan investor yang menjual sahamnya kan mendapatkan uang, begitu juga dengan investor yang melakukan transaksi pembelian saham akan mendapatkan sahamnya,

Itulah langkah-langkah/ alur proses jual beli saham di pasar modal. Sekian dan terima kasih telah membaca artikel ini

Salam hangat dari penulis.

Pos terkait