LANGKAH AWAL BERINVESTASI

  • Whatsapp

LANGKAH AWAL BERINVESTASI

LANGKAH AWAL BERINVESTASI – Buat sebagian orang mungkin sangat familiar dengan kata investasi. Tapi walo pun familiar masih saja susah untuk memulai berinvestasi.

Bacaan Lainnya

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang akhirnya membuat langkah kita untuk berinvestasi terhalang, diantaranya gimana cara nya?saya harus kemana?berapa uang yang dibutuhkan? Dan mungkin masih banyak lagi.

Yuk kita mulai sama-sama aja untuk langkah awal berinvestasi. Pertama tetapkan dulu tujuan kita inves untuk apa? Untuk biaya anak sekolahkah? Untuk hari tua kah? Atau hanya sekedar keren-kerenan saja supaya di sebut investor hehe..

Langkah selanjutnya berapa lama kita akan invest? 1 tahun kah? 5 tahun kah? Atau 20 tahun? Langkah selanjutnya kita harus mengetahui profil resiko investasi kita. Berada di area konvensional kah? Moderat kah? Atau agresif?

Profil konvensional memiliki arti kita kurang begitu berani mengambil resiko dalam berinvestasi dan merasa cukup dengan hasil yang biasa-biasa saja. Profil moderat mempunyai arti kita berani mengambil sedikit resiko dengan mengharapkan return yang agak lebih besar dari biasanya. Sedangkan orang dengan profil agresif dia berani mengambil resiko besar dengan harapan return yang kita dapat besar pula. Hal yang perlu kita ingat bahwa investasi dalam bentuk apapun pasti mengandung resiko, meskipun dalam bentuk tabungan di bank. Nah..profil resiko inilah yang akan menentukan kita nantinya cocok berinvestasi di apa.

Terus  cara mengetahui profil resiko kita gimana? Alangkah lebih baiknya kita pergi ke financial consultan untuk mengetahuinya. Biasanya  konsultan akan memberikan beberapa pertanyaan dan nanti akan keluar skor ari jawaban kita. Naah..setelah ketauan nih profil resiko kita seperti apa langkah selanjutnya kita tentukan instrument investasi yang cocok dengan profil resiko kita. Biasanya orang dengan profil resiko konvensional cocok untuk berinvestasi di membeli tanah, emas atau deposito. Sedangkan orang dengan profil moderat cocok untuk di reksadana campuran dan reksadana saham. Dan yang terakhir orang dengan profil resiko agresif cocok untuk investasi di pada pasar saham.

Demikian ini, Selamat berinvestasi…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar