INVESTASI TANAH

  • Whatsapp

INVESTASI TANAH

Investasi tanah adalah Salah satu cara investasi yang paling kuno. Ya..membeli tanah memang sudah lama diketahui, salah satu cara untuk menginvestasikan uang. Tidak heran jika orang-orang zaman dulu memiliki tanah yang sangat luas. Selain caranya yang relative mudah, cara ini bisa dikatakan cukup aman untuk berinvestasi. Namun sebelum berinvestasi tanah ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan investasi ini.

Bacaan Lainnya

Dari beberapa sumber yang kami kumpulkan, keuntungan dan kerugian investasi tanah sebagai berikut:


Keuntungan

Capital gain

Maksud dari capital gain disini adalah pertumbuhan nilai investasi kita. Sering kita dengar dimasyarakat kalo harga tanah selalu meningkat seiring berjalanya waktu, entah itu 20% atau bahkan ada yang mencapai ratusan persen. Semuanya itu tergantung dari lokasi tanah yang kita beli.


Tidak adanya maintain cost

Investasi jenis ini kita tidak adanya biaya perawatan kita cukup membelinya dan membiarkanya, berbeda halnya dengan kita investasi di property. Di property kita harus mengeluarkan biaya untuk merawat rumah, apartemen atau ruko yang kita punyai.

Relative mudah mengurusnya

Karena kita tidak melakukan perawatan ini, maka untuk merawat investasi jenis ini bisa dikatakan cukup mudah


Kerugian

Modal relative besar

Pembelian tanah untuk sebagian orang membutuhkan modal yang cukup besar, maka akan kesulitan untuk orang yang memiliki dana terbatas dalam investasi. Selain itu cara pembelian tanah biasanya menggunakan uang cash, kucuali untuk tanah-tanah yang sudah di kavling.

Tidak ada income rutin

Dalam  berinvestasi jenis ini tidak ada income rutin seperti halnya investasi di bidang property. Kita hanya bisa mengharapkan dari capital gain yang tumbuh dari waktu ke waktu.

Kurang liquid

Maksudnya kita tidak bisa mencairkan dana nya kapan pun dengan waktu yang cepat. Biasanya jika akan menjual tanah minimal 2 minggu baru laku terjual.

Jika kita sudah mengetahui kekurangan dan kelebihan dari investasi tanah ini, silakan anda pertimbangkan apakah cocok dengan profil resiko dan tujuan anda berinvestasi.

Demikian artikel tentang investasi tanah ini, Selamat berinvestasi…

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *