Investasi Tanah: Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan investasi tanah yang bisa memberikan keuntungan ditentukan dari bagaimana Anda memproses awal pembeliannya. Mengapa demikian? Pastinya supaya Anda bisa meraih keuntungan yang maksimal pada saat tanahnya dijual. Tetapi, hal yang perlu diperhatikan dan mendapat prioritas yaitu faktor keamanannya.

Investasi Tanah: Kelebihan dan Kekurangannya

Investasi tanah merupakan salah satu pilihan yang cocok untuk investor pemula yang ingin berinvestasi di bidang properti karena resiko yang dimiliki relatif lebih kecil. Bukan hanya itu, investasi tanah juga dinilai membutuhkan lebih murah biaya apabila dibandingkan dengan berinvestasi rumah, pergudangan ataupun apartemen. Tetapi Anda harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan serta kekurangannya ketika berencana memilih investasi tanah. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya.

Bacaan Lainnya

Kelebihan Investasi Tanah

Bisa dikatakan bahwa investasi tanah merupakan salah satu investasi termurah dan termudah apabila tertarik menanamkan uang di bidang ini. Berikut ini ketahui kelebihan dalam investasi tanah, diantaranya:

  1. Nilai investasi terus naik

Faktor yang membuat harga tanah terus naik yaitu jika tanah tersebut berada di lokasi yang terpengaruh dengan perencanaan suatu pembangunan infrastruktur pemerintah di masa depan. Apabila Anda memilih lokasi yang tepat, maka hanya beberapa tahun saja selisih keuntungan modal untuk investasi tanah bisa berlipat hingga 200%.

  1. Investasi yang tidak memerlukan banyak maintenance

Dengan berinvestasi tanah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya seperti investasi bangunan jika mengalami kerusakan seperti pipa air bocor, atap rusak, dan lain sebagainya yang bahkan bisa terjadi beberapa kali. Biaya yang mungkin dikeluarkan pada saat berinvestasi ini hanyalah biaya perawatan rumput, pagar, serta penjagaan keamanan lingkungan.

  1. Investasi yang minim kompetisi

Jika Anda berinvestasi tanah maka tidak kalau khawatir karena tidak terlalu kompetitif. Karena pesaing di bidang investasi ini cenderung lebih sedikit apabila dibandingkan dengan investasi properti lain. Bahkan mungkin andalah yang akan dicarikan pembeli.

  1. Resiko kehilangan lebih kecil

Pada saat Anda berinvestasi tanah maka risiko kehilangan yang dimiliki sangat kecil. Intinya selama Anda mempunyai surat ataupun bukti kepemilikan yang jelas terhadap tanah tersebut, tanah tersebut tetap milik Anda dalam kondisi apapun.

Kekurangan Investasi Tanah

Walaupun investasi tanah memiliki banyak keuntungan, namun ada pula kekurangan yang dimiliki dari jenis investasi ini. Berikut ini merupakan kekurangan berinvestasi tanah, diantaranya:

  1. Investasi yang tidak dapat dijadikan sebagai sumber pemasukan tetap

Berinvestasi tanah sebenarnya membutuhkan modal yang cukup besar. Tetapi investasi ini tidak bisa langsung dicairkan dengan segera. Jadi Anda sejak awal sebaiknya tidak menjadikan investasi tanah sebagai sumber pemasukan utama.

  1. Daya jual tergantung lokasi

Dalam permainan investasi tanah, faktor pemilihan lokasi adalah peran yang paling penting. Karena lokasi merupakan hal krusial yang menentukan capital gain dari dijual tanah Anda. Misalnya tanah yang Anda beli berada di lokasi yang rawan banjir maka tentunya tanah tersebut dibandrol dengan harga murah. Untuk itulah Anda harus ekstra berhati-hati ketika memilih membeli tanah.

  1. Investasi yang mempunyai likuiditas yang rendah

Likuiditas merupakan salah satu kemampuan suatu instrumen investasi yang dijadikan sebagai uang. Likuiditas yang rendah pada investasi ini disebabkan karena Anda tidak bisa mendapatkan uang secara tunai dalam waktu singkat. Pada saat ada seseorang yang ingin membeli tanah, pasti dibutuhkan waktu dan proses. Investasi tanah ini cukup sulit untuk investor yang mempunyai arus kas yang cukup penghambat.


Demikianlah kelebihan dan kekurangan investasi tanah. Investasi ini memang cukup menguntungkan, namun Anda tetap harus mempertimbangkan segala keuntungan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.