Investasi Saham Jangka Panjang untuk Pemula

  • Whatsapp

Investasi Saham Jangka Panjang – Bagi Anda yang masih pemula dan baru ingin memulai investasi saham, mungkin masih mengalami dilema mengenai saham apa yang sesuai untuk ditabung untuk jangka panjang. Biasanya kebanyakan orang membeli saham ketika harga saham sedang turun atau murah. Tetapi kita tidak dapat membeli saham hanya karena harga saham sedang murah saat itu.

Investasi Saham Jangka Panjang untuk Pemula

Jadi sebaiknya sebelum memilih saham apa yang sekiranya hendak dibeli, pastinya kita harus mengenali lebih dalam seputar fundamental emiten yang akan kita beli. Bahkan Anda juga harus mencermati bagaimana tata kelola manajemen di dalam membangun perusahaan.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut bertujuan supaya Anda dapat menilai apakah saham tersebut memiliki potensi yang cukup besar dan masih memiliki kinerja baik dalam 10 sampai 15 tahun kedepan. Pada dasarnya harga saham yang turun pada tahun pertama atau kedua merupakan hal yang wajar. Jadi Anda tidak perlu khawatir sebab Anda menabung untuk jangka panjang itu dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun kedepan.

Namun yang bisa menjadi permasalahan yaitu pada saat saham yang dibeli hari ini, setelah itu amblas, stagnan bahkan sulit untuk naik lagi. Oleh sebab itulah, pada kesempatan ini kami akan membahas beberapa saham yang menjadi rekomendasi beberapa analisa saham untuk ditabung sebagai investasi jangka panjang yaitu lebih dari 5 tahun.

Beberapa saham ini dapat ditabung secara berkala contohnya sebulan sekali, per 2 atau 3 bulan sekali. Tetapi saham ini kurang direkomendasikan untuk menabung tahunan sebab hasilnya bisa kurang maksimal jika dibandingkan menabung untuk jangka bulanan. Kriteria saham yang menjadi rekomendasi umumnya mempunyai kinerja yang sangat baik dan sudah teruji selama bertahun-tahun.

Bukan hanya itu saja, beberapa diantaranya saat ini juga mempunyai nilai “competitive moat” atau disebut penguasaan pangsa pasar yang sangat besar daripada para pesaingnya. Berikut ini beberapa rekomendasi saham untuk menabung saham secara jangka panjang, diantaranya:

  1. Saham BBRI
    Walaupun BBRI merupakan pilihan harga saham yang cukup rasional, tetapi BBRI sangat protektif dalam kinerja nya. BBRI merupakan saham milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk yang juga menjadi salah satu Bank BUMN terbesar di Indonesia. Tidak perlu diragukan lagi kinerja dan kualitasnya karena diakui secara internasional. Bank BRI berhasil masuk dalam jajaran 2000 perusahaan terbaik versi Forbes. Dalam 10 tahun terakhir, pendapatan Bank BRI selalu tumbuh, demikian juga dengan asetnya.
  1. Saham CPIN
    Terdapat saham di sektor Basic Industry dan Chemical juga bisa menjadi pilihan yang layak dipertimbangkan jika ingin menabung saham untuk investasi jangka panjang. Menabung saham dengan kode CPIN bisa menjadi pertimbangan untuk para pemula.
    CPIN adalah saham dari PT Chaeron Pokphand Indonesia yaitu Tbk yang mempunyai konsentrasi di bidang usaha industri makanan ternak, pembibitan dan pembudidayaan ayam ras dan juga pengolahannya. Aset dari CPIN dalam kurun waktu 5 tahun terakhir selalu meningkat, begitu juga dengan pendapatannya. Bagi Anda yang juga sedang berburu dividen, maka CPIN tercatat menjadi salah satu emiten yang rajin membagikan dividen kepada para investornya.
  1. Saham UNVR
    Orang Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan brand Unilever. Karena masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari brand yang satu ini untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari dari mulai pasta gigi hingga berbagai jenis makanan.
    Unilever merupakan perusahaan yang berkecimpung di bidang industri kebutuhan sehari-hari. Sebab itulah wajar apabila perusahaan ini seperti tidak ada matinya. Belum lagi melihat nama yang besar sehingga bisa dikatakan bahwa prospek pertumbuhan Unilever yang sangat bagus untuk jangka panjang. Kode saham Unilever yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia adalah UNVR.

Setelah mengetahui daftar emiten saham yang layak di perhitungkan untuk menjadi koleksi dalam jangka panjang, langkah selanjutnya tinggal kita tentukan kapan kita akan memulai untuk membelinya.
Demikianlah beberapa rekomendasi saham investasi jangka panjang untuk pemula. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *