Investasi Properti: Pengertian, Cara Kerja Beserta Keunggulannya

  • Whatsapp

Saat ini sudah banyak orang yang memilih untuk berinvestasi, salah satunya investasi properti yang memang masih banyak digemari tentunya. Banyak orang yang menganggap bahwa nilai jual properti selalu stabil dan terus naik setiap tahun. Selain itu, banyak juga yang beranggapan bahwa investasi properti cenderung lebih disertai oleh minim resiko dibandingkan dengan jenis investasi lain.

Investasi Properti: Pengertian, Cara Kerja Beserta Keunggulannya

Walaupun demikian, investasi jenis ini dapat dikatakan cukup tricky walaupun nilainya tetap stabil dan dianggap mempunyai resiko yang minim. Sebab itulah sebagian besar orang termasuk para pemula masih ragu untuk memulai investasi dalam bentuk properti. Jika Anda termasuk orang-orang tersebut, makasih mak penjelasan berikut ini.

Bacaan Lainnya

Pengertian Investasi Properti

Investasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang berkaitan dengan kepemilikan, penyerahan, pengelolaan, penjualan dan pembelian real estate guna menghasilkan profit atau sejumlah keuntungan. Investasi properti yaitu pembelian properti real estate yang memang ditujukan guna mendapatkan ROI (Return of Investment) baik itu melalui penjualan kembali atau gabungan dari kedua faktor serta hasil sewa.

Bentuk propertinya sendiri bisa dimiliki oleh investor bentuk kelompok atau sebuah korporasi maupun perorangan. Apabila dilihat dari jangka waktu investasinya, investasi jenis ini merupakan investasi yang cukup fleksibel, sebab investasi jenis ini bisa menjadi investasi jangka pendek ataupun prestasi jangka panjang. Untuk itulah Anda pun harus bisa menentukan jangka waktu investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Keunggulan Investasi Properti

Keunggulan pertama dari investasi jenis ini yaitu nilainya yang cenderung stabil dari waktu ke waktu. Hal tersebut memang sudah tidak harus dilakukan lagi sebab kebutuhan akan hunian tempat tinggal ataupun bangunan akan selalu ada setiap waktunya. Bukan hanya itu saja, apabila Anda berinvestasi pada suatu properti yang mempunyai nilai aset yang cukup tinggi seperti real estate ataupun apartemen eksklusif, pastinya Anda akan berkemungkinan mendapatkan keuntungan yang sangat besar dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Selain itu investasi properti juga bisa dikatakan sebagai salah satu investasi jangka panjang yang tidak ada matinya. apabila kamu melihat kilas balik dari suatu generasi ke generasi, maka investasi properti adalah salah satu tolak ukur seseorang itu sukses atau tidak. Berikut ini sejumlah keunggulan atau keuntungan investasi properti, antara lain:

1. Harga properti yang hampir selalu mengalami peningkatan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa harga properti cenderung stabil bahkan selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal itu disebabkan karena permintaan di masyarakat lebih banyak dibandingkan persediaan yang ada. Isi selain penduduk bumi akan semakin banyak dan pastinya mereka memerlukan tempat tinggal. Tahukah Anda bahwa kenaikan harga properti bisa melebihi kenaikan harga inflasi. Sebab itulah yang dikatakan investasi properti tidak ada kata rugi.

2. Bisa menjualnya di kemudian hari

Salah satu cara supaya bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari berinvestasi properti yaitu dengan menjualnya di kemudian hari. Pasalnya harga properti yang selalu naik tajam dari waktu ke waktu bisa menjadi kasih harga properti yang Anda miliki melambung tinggi.

3. Properti bisa disewakan

Apabila Anda merasa sayang untuk menjual properti, maka pilihan lainnya yaitu menyewakan properti tersebut. Baik itu properti yang Anda miliki dalam bentuk tanah atau bangunan, menyewakan properti tersebut kepada orang lain bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi pemiliknya. Anda dapat meraih keuntungan dari waktu ke waktu selama properti tersebut dipakai oleh orang lain hingga waktu yang tidak terbatas selama waktu tersebut statusnya masih milik Anda.

4. Dijadikan sebagai jaminan pinjaman

Hal yang lebih menyenangkan dari mempunyai sejumlah properti yaitu Anda dapat memulai usaha lain untuk mendapatkan modal dari properti yang Anda miliki. Sebab kebanyakan bank yang memberikan kredit atau lembaga perkreditan menyediakan prioritas jaminan bagi orang-orang yang mempunyai jaminan properti. Nantinya uang tersebut bisa diputar lagi dalam bentuk usaha lain ataupun Apabila Anda ingin berinvestasi lagi dengan cara menambah properti lain.

5. Potensi arus kas yang rutin

Selama Anda menunggu kenaikan harga dari properti yang Anda miliki, pada masa-masa tunggu seperti itu maka Anda bisa memanfaatkan properti tersebut dengan disewakan supaya arus kas stabil. Misalnya properti yang Anda miliki dalam bentuk rumah dengan harga 1,5 miliar mungkin mempunyai harga sewa sekitar 15 juta hingga 20 juta per bulannya. Nah dari hasil sewa tersebut maka anda bisa menambahkan untuk melunasi hutang bank apabila kamu melakukan sejumlah pinjaman kepada bank.

6. Sebagai investasi jangka panjang

Jika dibandingkan berinvestasi dengan deposito, emas ataupun investasi jangka panjang lainnya, maka investasi properti memiliki karakter yang tahan lama. Bisnis properti biasanya mempunyai jangka waktu atau horison investasi rata-rata 3 sampai 5 tahun. Itu berarti setelah masa 3 hingga 5 tahun perkembangan nilai properti sudah cukup berarti guna menghasilkan selisih harga beli dan harga jual yang biasa disebut dengan capital gain.

Apabila Anda mampu mencermati peluang keuntungan dari investasi properti tersebut, maka seharusnya Anda bisa memikirkan investasi yang dimasa sekarang maupun masa depan tidak ada matinya ini. Terutama jika Anda dapat melihat daerah-daerah yang memiliki potensi mengalami perkembangan pesat dalam bidang ekonomi dan niaga. Daerah-daerah yang sebelumnya belum terjamah ataupun diprediksi akan berkembang dalam kurun waktu beberapa tahun mendatang bisa menjadi yang terbaik untuk investasi properti.

Cara Investasi Properti

Setelah Anda mengetahui keunggulan dari investasi properti, mungkin sebagian dari Anda semakin tertarik memulai investasi dibidang ini. Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika memutuskan untuk memulai investasi properti, diantaranya:

1. Investasi properti sewa

Membangun atau membeli properti Anda secara pribadi merupakan cara yang pastinya paling umum dilakukan. Namun apabila Anda hanya sekedar kepemilikan pastinya keuntungan yang diraih tidak akan begitu terasa. Oleh sebab itulah bisnis sewa bisa Anda tekuni supaya bisa mendapatkan penghasilan pasif secara berkala tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

2. Bisnis flip properti

Bisnis ini yaitu proses serta cara yang bisa dikerjakan untuk mempunyai sebuah rumah atau properti lainnya. Sesudah itu Anda bisa melakukan sejumlah proses renovasi yang nantinya akan dijual kembali dalam waktu yang terbilang singkat dengan selisih harga yang tentunya bisa mendatangkan keuntungan.

3. Investasi properti online

Tahukah Anda bahwa investasi properti juga saat ini sudah bisa dilakukan melalui daring atau online dengan platform khusus yang menghubungkan antara property asset manager dengan para investor. Dengan begitu Anda dapat menemukan sejumlah modal pada platform online seperti CrowdDana dan lain sebagainya. Namun Anda harus memastikan bahwa setiap transaksi dan langkah yang Anda lakukan tersebut aman supaya dapat meraih keuntungan tanpa perlu mengalami kerugian dalam berinvestasi.

Demikianlah pengertian dari investasi properti beserta cara kerja dan keunggulannya. Semoga bisa menambah wawasan Anda

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *