Contoh Penerapan Teknologi Blockchain di Indonesia

  • Whatsapp

Contoh Penerapan Teknologi Blockchain – Teknologi blockhain adalah teknologi yang dibuat seperti buku yang terdistribusi secara terbuka yang dapat mencatat transaksi antara dua pihak dengan cara yang dapat diverifikasi secara permanen sehinggan resinten terhadap medifikasi. Penciptaan teknologi ini diharapkan dapat memberikan efisiensi pengaturan yang bersifat administratif. Teknologi ini juga terdapat manfaat yang sangat berarti bila diterapkan dalam sebuah sistem proses bisnis. Karena teknologi blockchain ini mempunyai beberapa sifat yang pastinya sangat bermanfaat untuk proses bisnis sistem, yaitu:

Contoh Penerapan Teknologi Blockchain

contoh penerapan teknologi blockchain

#1 Terdesentralisasi yaitu dapat diperluas akses keuangannya karena dalam sistem keuangan, pencatatan transaksi yang masuk dan percatatan transaksi keluar akan terus bertambah tanpa adanya batasan waktu. Selain tanpa berbatas waktu, pastinya akan berhubungan dengan tempat dalam operasiannya sehingga dapat dengan mudah terdistribusi dengan sistematis.

Bacaan Lainnya

#2 Biaya Murah yaitu penerapan teknologi blockchain ini sangat murah sekali dibandingkan dengan biaya operasional yang digunakan perusahaan untuk membayar karyawan ahli. Jika teknologi blockchain diaplikasi kan di suatu sistem akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan sistem tersebut, karena selain keamanan yang terjaga menggunakan algoritma yang rumit (terenkripsi) juga dapat langsung tervalidasi sistem di setiap transaksinya.

Dari keunggulan yang telah dipaparkan tersebut, tentunya bidang indusrti Indonesia akan sangat berkembang pesat dan diharapkan dapat membuat banyak perubahan dibidang ekonomi negara. Di Indonesia saat ini juga masih banyak yan menggunakan sistem manual yang berlum terorganisir, jika Indonesia mampu menerapkan sistem yang terdesentralisasi dengan baik, pastinya akan sangat banyak membaca perubahan. Beberapa contoh penerapan teknologi blockchain di Indonesia yang dapat acuan untuk pengaplikasian teknologi blockhain saat ini:

#1 Penerapan pada industri logistik

Penerapan teknologi blockchain pada insustri logistik ini sangat berpengaruh kepada tingkat keamanan. Misalnya saja industri logistik di sektor udara, yang sangat cocok bila diterapakan karena di sektor udara memiliki tingkat keamana yang sangat tinggi dibandingkan di darat. Blockchain membantu komunikasi data dan menyimpan segala aktivitas yang bersifat administratif seperti transaksi pengiriman barang, penanganan bea cukai maupun operator penyelenggara.

contoh penerapan teknologi blockchain

#2 Penerapan pada sistem rantai pasok agroindustri

Teknologi blockchain ini dapat digunakan oleh setiap rantai pasok makanan yang menjamin pengiriman produk berkualitas pada publik. Penerapan blockchain tentunya jika ingin diaplikasikan pada sektor agroindustri tentunya dapat dikombinasikan dengan sistem e-agriculture yang dapat digunakan pada skala nasional maupun regional. Penggunakan teknologi tersebut berguna untuk melacak asal dari produk pertanian tersebut, seperti ketersediaan pupuk, jenis pupuk yang digunakan, waktu pemanenan, dll. Bahkan teknologi blockchain dapat memberikan efek transformational pada rantai pemasokan pertanian.

#3 Penerapan pada sistem perbankan

Contoh penerapan Bank di Indonesia yang sudah menggunakan teknologi blockchain salah satunya ialah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Bank tersebuat sudah mengklaim bahwa mereka menggunakan teknologi blockchain pada sistem operasionalnya yaitu mempercepat transaksi pembayaran, dan mengurangi kompleksitas transaksi. Mereka menerapkan teknologi blockchain karena memang teknologi tebaru ini dinilai dapat mempercepat waktu dan efisiensi pekerjaan sehingga dapat menghemat waktu transaksi dan yang paling penting adalah keamanan sistem sangat yang tinggi yang notabennya sangat diperhatikan oleh Bank.

Baca Juga : Top Coin

Itulah salah beberapa contoh penerapan blockchain yang terdapat di Indonesia. Teknologi memang sangat cepet berkembang pada zaman yah. Indonesia juga perlu kerjasama antar perusahaan di bidang IT karena teknologi pun mempunyai prospek kerja yang sangat tinggi. Teknologi saat ini dapat membantu manusia sehingga dapat menggunakan waktu semaksimal mungkin dan mendapatkan pekerjaan akurat juga tentunya.

Terima kasih karena telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk terus belajar tentang teknologi saat ini karena teknologi sangat berkembang pesat. Oleh karena itu, kita harus tetap selalu belajar tak perduli sudah tua karena ilmu akan terus berkembang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *