Contoh Jual Beli Saham

  • Whatsapp

Saat ini ekonomi bergerak pada dua sektor yaitu sektor riil seperti bahan komoditas (beras, daging, sayur, ternak dll) dan yang kedua adalah sektor keuangan seperti pasar saham, paasar modal, pasar derivatif dll. Pada Sektor keuangan khususnya pasar saham lebih banyak pada unsur spekulasi dan memiliki resiko untung jika beruntung, dan rugi jika kurang beruntung.

Beberapa orang mulai melirik pasar saham karena berbagai tawaran yaitu tidak perlu berusaha secara fisik, hanya perlu memiliki strategi pasar saham dalam proses membeli atau menjualnya. Semuanya butuh proses dan taktik dalam jual beli saham. Namun bagi orang awam ketika memiliki saham di pasar modal masih bingung bagaimana cara jual beli saham. Berikut ini akan dijelaskan dalam contoh jual beli saham.

Bacaan Lainnya

Contoh Jual Beli Saham

contoh jual beli saham

#1 Langkah Pertama

Langkah pertama untuk melakukan transaksi jual beli saham adalah harus menjadi nasabah di Perusahaan Efek. Seseorang yang akan menjadi investor harus terlebih dahulu menjadi nasabah atau membuka rekening di salah satu pialang atau perusahaan efek. Setelah resmi terdaftar menjadi nasabah, maka investor dapat melakukan kegiatan transaksi.

#2 Langkah Kedua

Langkah yang kedua adalah pesanan dari nasabah. Kegiatan jual beli saham diawali dengan instruksi yang disampaikan invesror kepada pialang. Pada tahap ini, perintah atau pesanan dapat dilakukan secara langsung di mana investor datang ke kantor pialang atau pesanan disampaikan melalui sarana komunikasi seperti telepon, faks atau sarana komunikasi lainnya.

#3 Langkah Ketiga

Yang ketiga yaitu, Pesanan Diteruskan ke Floor Trader. Setiap pesanan yang masuk ke pialang selanjutnya akan diteruskan ke petugas pialang yang berada di lantai bursa (floor trader). Kita dapat memilih saham mana yang akan kita beli pada hari itu juga. Akan tetapi sebelum itu kita diharuskan “mengamati” dan mencari tahu mana saja saham yang sekiranya potensial untuk kita beli.

#4 Langkah Keempat

Yang keempat adalah Pesanan Dimasukkan ke JATS. Floor Trader akan memasukkan (meng-entry) semua pesanan yang diterimanya ke dalam sistem komputer JATS. Di lantai bursa, terdapat lebih dari 400 terminal JATS yang menjadi sarana entri pesanan dari nasabah. Seluruh pesanan yang masuk ke sistem JATS dapat dipantau oleh floor trader, petugas di kantor pialang, atau siapa saja yang memiliki/menyewa sistem informasi bursa. Dalam tahap ini terdapat komunikasi aktif antara pihak pialang dengan investor agar dapat terpenuhi tujuan pesanan yang disampaikan investor, untuk membeli ataupun menjual. Pada tahap ini, berdasarkan perintah investor, floor trader melakukan beberapa perubahan pesanan, seperti perubahan harga penawaran, dan sebagainya.

#5 Langkah Kelima

Langkah kelima yaitu Transaksi Terjadi (Matched). Pada tahap ini, pesanan yang dimasukkan ke sistem JATS bertemu dengan harga yang sesuai dan tercatat dalam sistem JATS sebagai transaksi yang telah terjadi (Matched), dalam arti sebuah pesanan beli atau jual telah bertemu dengan harga yang cocok. Pada tahap ini, pihak floor trader atau petugas di kantor pialang akan memberikan informasi kepada investor bahwa pesanan yang disampaikan telah dipenuhi.

contoh transaksi jual beli saham#6 Langkah Keenam

Langkah terakhir atau keenam yaitu Penyelesaian transaksi (Settlement). Tahap akhir dari sebuah siklus transaksi adalah penyelesaian transaksi atau sering disebut Settlement. Investor tidak otomatis mendapatkan hak-haknya karena pada tahap ini dibutuhkan beberapa proses seperti kliring, pemindahbukuan, dan lain-lain, hingga akhirnya hak-hak investor terpenuhi, seperti investor yang menjual saham akan mendapatkan uang, sementara investor yang melakukan pembelian saham akan mendapatkan saham. Di BEJ, proses penyelesaian transaksi berlangsung selama tiga hari bursa. Artinya, jikia melakukan transaksi hari ini (T), maka hak-hak kita akan dipenuhi selama tiga hari bursa berikutnya, atau dikenal dengan istilah T+3.

Contoh jual beli saham sudah di jelaskan dalam artikel diatas, bagi kita yang masih ragu untuk mencobanya bisa meminta bantuan kepada yang sudah bermain di pasar saham dalam proses jual beli nya. Kita juga bisa memilih saham syariah ketika kita ingin bermain saham agar terhindar dari unsur-unsur yang dilarang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *