Cara Mendapatkan Dividen Saham dengan Tepat

  • Whatsapp

Cara Mendapatkan Dividen Saham dengan Tepat – Bagi investor yang masih aktif berinvestasi saham, menunggu datangnya pembagian dividen merupakan salah satu cara untuk mendapatkan profit. Sebelum membahas cara mendapatkan dividen saham, alangkah baiknya kita mengenal lebih dalam tentang dividen.

Cara Mendapatkan Dividen Saham dengan Tepat

Pengertian dividen secara singkat merupakan salah satu cara pembagian laba perusahan terbuka kepada pemegang saham.

Bacaan Lainnya

Nilai dividen yang diperoleh para pemegang saham tergantung dari jumlah saham yang dimiliki saat jadwal pembagian dividen berlangsung. Semakin banyak jumlah saham yang dimiliki, maka semakin banyak pula jumlah dividen yang akan diterima oleh investor saham.

Umumnya, sebuah perusahaan akan membagikan dividen dalam jangka waktu satu tahun sekali. Namun demikian ada juga yang melakukan pembagian dividen dua kali setahun. Untuk frekuensi pembagian dividen ini sangat tergantung dari kebijakan perusahaan tersebut.

Hal penting yang perlu diingat adalah, kadang kala perusahaan tidak membagikan dividen dalam satu tahun tersebut. hal ini bisa terjadi karena perusahaan menggunakan laba yang diperoleh untuk modal pengembangan usaha mereka. Atau karena alasan lain, seperti tidak mendapat laba usaha pada periode keuangan tahun berjalan perusahaan tersebut.

Untuk cara pembagian dividen ini, juga ada dua jenis. Dapat dibagikan dalam bentuk tunai dan bisa pula dalam bentuk saham.

Agar kita bisa memperoleh pembagian dividen atas saham yang sedang kita hold, tidak ada salahnya jika mengikuti tips di bawah ini, agar tetap mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang.

  1. Pahami tanggal cum date dividen

Cum Date merupakan salah satu istilah yang sering digunakan dalam investasi saham. Istilah ini secara singkat memiliki arti hari terakhir atau deadline untuk mendapatkan dividen. Pada hari ini akan dibuat daftar seluruh pemegang saham tanpa terkecuali, hanya investor yang masih memegang saham pada saat Cum Date yang akan berhak mendapat pembagian dividen.

  1. Pahami tanggal ex date dividen

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan atau mengelola dividen saham yaitu dengan mengetahui tanggal Ex Date. Secara singkat pengertian dari istilah ini adalah hari berakhirnya pembagian dividen dari emiten. Tanggal Ex Date ini selalu satu hari kerja setelah Cum Date. Ingat ya, satu hari kerja, bukan jumlah hari di kalender.

Investor yang membeli saham saat Ex Date, tentu saja tidak akan mendapatkan keuntungan dari pembagian dividen. Sementara untuk penjual saham, investor masih akan memperoleh pembagian dividen apabila melakukan aksi jual pada tanggal ex date, karena investor penjual ini telah tercatat sebagai pemegang saham perusahaan pada saat cum date.

Kita harus memperhatikan tanggal-tanggal penting dalam pembagian dividen dari perusahaan yang menjadi target. Hal ini harus dilakukan agar kita tetap mendapatkan dividen dari saham yang telah kita beli.

  1. Cermati Keuangan Perusahaan yang akan membagikan dividen.

Pastikan perusahaan yang akan melakukan Cum Date memiliki fundamental keuangan yang kuat. Hal ini bisa dilihat dari performa laporan keuangan tahunan dari perusahaan tersebut. Apakah selalu meraih laba tiap tahunnya atau hanya sekadar balik modal. Bahkan yang lebih parahnya, lebih banyak mengalami kerugian dalam jangka waktu tertentu.

Besaran nilai dividen saham yang akan dibagikan ke investor sebenarnya tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Ada yang memberikan hanya Rp1 per lembar saham, ada juga yang memberikan dividen sebesar Rp2,000 per lembar saham. Agar kita tidak bingung mana saja emiten dengan dividen tinggi, maka alangkah lebih baik fokuskan saja untuk berburu saham-saham yang tergabung dalam indeks IDX High Dividend 20.

Saham-saham yang berada dalam daftar ini, biasanya akan menjadi saham yang paling terkenal atau diminati oleh investor saham, karena seringkali membagikan dividen paling besar untuk investornya.

Selain itu, perusahaan yang menjadi anggota indeks IDX High Dividend 20 juga memiliki fundamental yang sangat kuat dan tentu saja performa yang tidak kalah dengan perusahaan populer lainnya yang ada di bursa saham.

Selain memperhatikan daftar emiten dengan pemberi dividen terbesar serta jadwal-jadwal pembagiannya, investor juga perlu melakukan analisis perusahaan yang menjadi target buruan, agar mendapatkan keuntungan lebih maksimal dari pembagian saham tersebut.

Demikian artikel yang membahas seputar cara mendapatkan pembagian dividen saham, semoga bisa bermanfaat untuk investor saham Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *