Cara Menabung Emas di Pegadaian untuk Pemula

  • Whatsapp

Cara menabung emas di pegadaian untuk pemula – Harga logam berwarna kuning ini setiap tahunnya pasti mengalami kenaikan. Jenis logam ini sudah terkenal menjadi salah satu instrumen investasi.

Dasar pemikiran para investor emas adalah harga kenaikan emas tiap tahunnya bisa mengalahkan nilai inflasi. Cara investasinya pun hampir sama dengan menabung, tinggal beli lalu simpan.

Bacaan Lainnya

Cara Menabung Emas di Pegadaian untuk Pemula

Salah satu cara untuk menabung emas yang bisa kita lakukan adalah dengan menabung emas di pegadaian. Modal untuk menabung ini sangat terjangkau, dimulai dari 0.01 gram.

Mari kita samakan persepsi terlebih dahulu mengenai istilah tabungan emas, sebelum masuk ke pembahasan selanjutnya. Tabungan emas adalah suatu layanan untuk menjual dan membeli emas dalam bentuk logam mulia dengan cara menabung.

Sistem ini sangat membantu masyarakat dalam melakukan investasi karena memiliki resiko yang cukup kecil. Dengan modal Rp 10rb saja (asumsi harga emas Rp 1jt) kita bisa memulai untuk menabung emas.

Salah satunya Pegadaian yang merupakan salah satu perusahan negara mengadakan fasilitas menabung emas. Perusahaan ini sudah tidak asing lagi, karena kantor cabangnya sudah ada dihampir setiap kecamatan di Indonesia.

Salah satu produk unggulan pegadaian dalam menabung emas bernama MULIA. Dari laman resmi pegadaian MULIA merupakan layanan penjualan emas batangan kepada masyarakat baik secara tunai atau angsuran dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel.

Produk pegadaian yang MULIA memiliki beberapa keunggulan yaitu:

  1. Untuk memperoleh emas batangan dari pegadaian sangat mudah, bisa melakukan pembelian dengan cara tunai, angsuran, kolektif atau arisan.
  2. Memiliki jangka waktu angsuran yang fleksibel mulai dari 3 bulan sampai dengan 36 bulan.
  3. Emas batangan sudah terkenal sebagai jenis aset yang sangat likuid untuk kebutuhan dana mendesak.
  4. Proses yang mudah dengan layanan profesional
  5. Varian jenis emas yang tersedia sangat beragam mulai dari 5 gram sampai dengan 1 kilogram.

Cara pembelian emas dengan menabung emas di pegadaian bisa dilakukan dengan dua cara yaitu offline dan online. Mari kita bahas dua cara ini dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Melakukan pembelian emas di pegadaian dengan cara online bisa melalui tahap berikut ini:

  1. Unduh aplikasi pegadaian di smart phone melalui playstore untuk aplikasi android dan Appstore pada perangkat iOS
  2. Isi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas di pegadaian.
  3. Lampirkan identitas diri seperti KTP atau Paspor.

Untuk pembukaan rekening via online tidak dikenakan biaya sama sekali. Biaya penitipan emas pun gratis untuk 1 tahun pertama dengan pembelian saldo minimal Rp 50rb.

Sedangkan untuk pembelian emas di pegadaian secara offline melalui tahap berikut ini:

  1. Datang ke outlet pegadaian terdekat.
  2. Isi formulir pembukaan rekening tabungan emas
  3. Lampirkan identitas diri yang masih berlaku seperti KTP atau Paspor

Untuk proses pembukaan rekening offline dikenakan biaya Rp 10rb. Sedangkan biaya fasilitas penitipan emas selama 12 bulan sebesar Rp 30rb.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli emas di pegadaian melalui tabungan emas di pegadaian.

Cek terlebih dahulu harga emas untuk hari ini. Untuk mengetahui harga emas hari ini bisa akses situs Logam mulia. Umum nya harga yang terdapat di pegadaian akan lebih tinggi sekitar 30% dari harga Antam.

Sebisa mungkin, lakukan pembelian emas di pegadaian ini secara online. Selain lebih mudah,kita tidak dikenakan biaya administrasi pembukaan rekening dan bebas biaya penitipan.

Lakukan pembelian emas dengan cara menabung di pegadaian secara disiplin. Semakin cepat emas kita terkumpul maka kita bisa mendapatkan harga emas yang lebih murah. Hal ini dikarenakan harga emas yang cenderung naik.

Rekening tabungan emas di pegadaian akan ditutup secara paksa. Hal ini terjadi apabila saldo tabungan emas kita tidak mencukupi untuk membayar biaya penitipan emas.

Apabila program tabungan emas di pegadaian telah selesai kita bisa mencetak emas kita dalam bentuk fisik. Untuk saat ini, proses pencetakan emas dalam bentuk fisik hanya bisa dilakukan di outlet pembukaan tabungan emas saja.

Kepingan emas yang bisa kita pilih untuk di cetak secara fisik bisa 1,2,3,5,10,25,50,dan 100 gram. Bentuk emas batangan yang bisa kita pilih emas batangan Antam, UBS dan Galeri 24 Pegadaian. Biaya yang dikenakan untuk mencatak fisik emas adalah Rp 100rb per gram untuk emas Antam, Rp 60rb untuk emas UBS dan Rp 50rb untuk emas Galeri 24 Pegadaian.

Saldo tabungan emas kita, bisa di transfer ke rekening tabungan emas yang lain dengan biaya Rp 2rb per transaksi apabila melalui outlet pegadaian. Jika transfer dilakukan di aplikasi pegadaian digital tidak dikenakan biaya transfer.

Saldo tabungan emas kita, bisa digadaikan untuk memperoleh uang cash secara cepat. Saldo tabungan kita bisa tetap utuh jika uang gadai kita telah dilunasi, enak bukan?

Demikian artikel yang membahas cara menabung emas di pegadaian untuk pemula ini semoga bisa bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *