Investasi Jangka Panjang Terbaik Paling Menguntungkan

Investasi jangka panjang terbaik adalah pilihan tepat untuk menyimpan dana pensiun atau tabungan masa depan. Sayangnya, masih banyak yang bingung kemana harus menyimpan dana tersebut. Mungkin dulu banyak yang memilih menyimpan dana tersebut dalam tabungan. 

Tapi, seiring berkembangnya zaman, ada pilihan investasi yang tidak hanya menyimpan aset, tapi juga dapat menambah atau mempertahankan nilai aset tersebut. Bayangkan jika menyimpan uang dalam celengan atau tabungan, nilainya di masa depan dapat saja berkurang karena perekonomian selalu bertumbuh.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, dahulu orang lebih banyak memilih investasi dalam bentuk emas atau perhiasan. Karena nilainya akan mengikuti kenaikan mata uang di masa depan.

Nah, selain emas, apa saja sih investasi jangka panjang yang bagus dan menguntungkan? 

Investasi Jangka Panjang Terbaik

Namanya investasi, pastinya membutuhkan modal dan selalu ada faktor resiko. Jika ingin jangka panjang, maka sebaiknya pilih investasi yang faktor resikonya sangat kecil sehingga pengurangan nilai aset sangat kecil. Berikut ini contoh investasi terbaik sesuai kebutuhan masing-masing.

Saham

Saham seringkali berkaitan dengan investasi jangka pendek, karena returnnya dapat terasa dalam satu tahun saja. Selain itu, stabilitasnya juga cenderung fluktuatif untuk jangka waktu panjang.

Tapi, ini kembali lagi pada jenis sahamnya. Jika menggunakan saham untuk investasi jangka panjang, maka pilih produk yang return dalam lima atau sepuluh tahun terakhir di atas 6%.

Emas

Investasi jangka panjang terbaik berikutnya tentu saja adalah emas. Emas sampai saat ini masih populer sebagai bentuk investasi yang nilainya selalu bertambah setiap tahun.

Jika ingin menginvestasikan dana dalam bentuk emas, pastikan untuk tidak menggunakannya dalam waktu lima sampai sepuluh tahun. Karena meskipun nilainya pasti naik, tapi kenaikan harga emas cenderung lambat. Apalagi jika kondisi ekonomi sedang membaik.

Properti

Properti cocok menjadi investasi untuk tabungan masa depan, tapi tidak cocok untuk dana pensiun. Bentuk dari investasi properti misalnya membeli gedung, rumah, atau tanah. 

Properti seperti di atas pasti akan mengalami kenaikan setiap tahunnya, dan cocok untuk menjadi tabungan di masa depan. Namun, untuk dana pensiun terasa kurang efektif karena akan sulit untuk menjualnya.

Obligasi

Investasi obligasi bisa menjadi pilihan jika ingin mendapatkan dana pensiun secara teratur. Karena pada dasarnya obligasi memiliki kewajiban menyerahkan kembali uang investor secara bertahap setiap bulannya sepanjang tenor pinjaman beserta dengan tambahan kupon.

Itulah empat investasi jangka panjang terbaik yang menguntungkan dan memiliki faktor resiko yang rendah. Namun, jika ingin menyiapkan investasi jangka panjang, sebaiknya jangan menyalurkan semua dana dalam satu bentuk investasi. Melainkan harus membaginya dalam bentuk aset yang berbeda-beda.

Cara ini efektif untuk mengantisipasi kerugian yang datang dari satu aset. Jadi, jika satu aset mengalami kerugian, masih ada aset lainnya yang dapat membackup dan memberikan keuntungan. Itulah pentingnya memahami ilmu keuangan secara detail.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *