Investasi Emas? Ini Dia Tipsnya

Investasi Emas, Ini Dia Tipsnya – Emas atau logam mulia adalah investasi yang paling praktis dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Investasi emas bisa dijadikan sebagai pilihan untuk Anda apabila baru mau mencoba melakukan investasi. Sebab emas menjadi salah satu pilihan investasi banyak orang yang dianggap paling aman dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Hal itu disebabkan karena investasi emas mempunyai resiko yang rendah serta bisa menahan kenaikan harga atau inflasi.

Investasi Emas Ini Dia Tipsnya

Walaupun keuntungan investasi emas memang tidak sebesar investasi jenis lainnya namun paling tidak emas merupakan salah satu jenis investasi yang paling mudah dijangkau oleh semua kalangan. Bahkan bagi orang-orang yang mempunyai penghasilan yang tidak terlalu tinggi pun bisa melakukan investasi emas ini. Selain kebal terhadap inflasi, emas juga merupakan instrumen investasi yang tidak mudah rusak, minim resiko serta modal yang relatif tidak terlalu besar. Jenis emas yang dapat diinvestasikan juga bermacam-macam, baik itu emas bentuk koin, emas batangan, maupun emas logam.

Bacaan Lainnya

Bukan hanya itu, emas juga mempunyai nilai yang cenderung lebih stabil dalam jangka waktu yang panjang. Kelebihan emas lainnya yaitu mempunyai likuiditas yang tinggi sehingga bisa dijual dengan cepat. Dengan berbagai keuntungan yang dimiliki emas tersebut, emas juga bisa menjadi salah satu pilihan investasi yang dianggap paling tepat. Berikut ini merupakan tips tips investasi emas yang bisa diterapkan oleh pemula.

1. Menentukan tujuan dan membuat perencanaan

Menentukan tujuan dalam berinvestasi emas merupakan langkah pertama yang perlu dilakukan. Jadi jangan sampai Anda hanya sekedar membeli emas, disimpan, lalu tiba-tiba dijual. Anda perlu mempunyai tujuan, seperti berinvestasi emas yang nantinya digunakan untuk biaya pernikahan yang dilakukan dalam beberapa tahun ke depan, untuk backup dana pendidikan anak 10 tahun mendatang, ataupun untuk biaya naik haji dan lain sebagainya. Apabila Anda sudah memiliki tujuan yang jelas, maka Anda dapat melakukan perencanaan guna menentukan berapa banyak emas yang perlu dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Memperhatikan waktu investasi emas yang tepat

Pada saat Anda telah mempunyai keinginan untuk melakukan investasi emas, Anda perlu sering-sering memantau harga emas di pasaran. Hal tersebut sangat penting supaya bisa menentukan waktu terbaik untuk transaksi membeli ataupun menjual emas supaya bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Waktu yang tepat untuk melakukan transaksi beli emas yaitu pada saat harganya sedang turun dan menjualnya ketika harga sedang naik. Selain itu yang perlu diperhatikan lagi adalah investasi emas sebaiknya disimpan untuk jangka waktu menengah panjang, misalnya lebih dari 5 tahun supaya bisa mendapatkan manfaat yang optimal.

3. Memilih jenis emas yang sesuai

Untuk Anda seorang pemula ynag ingin melakukan investasi maka disarankan untuk berinvestasi emas dalam bentuk logam mulia. Investasi emas dalam bentuk logam mulia dinilai lebih menguntungkan dan lebih sesuai digunakan sebagai simpanan masa depan dibandingkan dengan investasi emas dalam bentuk perhiasan.

Kelebihan dari investasi emas logam mulia yaitu mempunyai harga jual yang cenderung lebih tinggi. Hal tersebut tentunya berbeda jika emas dalam bentuk perhiasan yang harga jualnya cenderung lebih rendah sebab telah dipengaruhi oleh sejumlah komponen biaya, seperti jumlah karat, nilai seni, biaya pembuatan, model, serta penurunan harga.

4. Menyimpan emas di tempat yang aman

Anda harus benar-benar menyimpan emas di tempat yang aman, apabila Anda ceroboh dalam menyimpan emas maka bisa mengakibatkan emas yang sudah di investasikan atau disimpan selama bertahun-tahun beresiko hilang. Penyimpanan emas yang tepat bisa dilakukan dengan menyimpannya di brankas rumah ataupun dapat disimpan di safe deposit box (SDB), yaitu suatu layanan penyimpanan barang berharga seperti emas. Biasanya layanan SDB disediakan oleh pihak bank.

Anda bisa memanfaatkan berbagai layanan penyimpanan brankas yang menawarkan sistem keamanan terpadu atau disuatu tabungan emas yang memungkinkan orang menabung emas tanpa harus menyimpan secara fisik dan tanpa biaya penitipan.

5. Cek harga emas

Yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi emas yaitu harga emas cenderung naik turun. Oleh sebab itulah sebaiknya Anda jangan terlalu terburu-buru untuk memborong emas. lebih baik Anda cek terlebih dahulu harga emas di pasaran. Saat ini Anda tidak perlu repot mencari tahu harga emas dengan datang langsung ke tokonya, namun Anda bisa mengecek harga emas hanya dengan melalui internet. Belum lagi sekarang ini sudah semakin banyak berbagai situs finansial yang menyediakan harga emas terbaru.

Sehingga sekarang Anda bisa memantau harga emas setiap harinya. Tips lainnya yaitu pada saat harga emas sedang turun, maka Anda harus segera membeli emas sebab waktu tersebut adalah masa terbaik untuk berinvestasi emas. Inti cara kerja investasi emas yaitu membeli emas pada saat harganya sedang turun serta menjual emas ketika harganya sedang naik.

6. Menentukan besaran gram emas yang hendak di beli

Kemudian Anda perlu menentukan besaran gram emas yang hendak dibeli untuk berinvestasi. Contohnya apabila di awal berinvestasi Anda menentukan untuk membeli emas dengan berat 5 gram. Tetapi jika Anda sudah mempunyai uang lebih, Maka selanjutnya Anda bisa meningkatkan jumlah besaran gram emas yang hendak di beli. Yang penting yaitu Anda perlu konsisten pada saat membeli emas. Setelah itu Anda juga perlu menentukan periode waktu pembelian emas, apakah itu tiap bulan atau beberapa bulan sekali. Hal tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan finansial.

7. Sisihkan penghasilan untuk membeli emas

Apabila Anda ingin memulai investasi emas, maka sebenarnya Anda tidak perlu mempunyai banyak uang. Paling tidak Anda memiliki modal uang senilai 1 gram emas, maka sebenarnya itu sudah cukup. Tetapi bagi orang-orang yang memang belum mempunyai modal sebesar itu, Anda tidak perlu khawatir sebab kini telah banyak perusahaan ataupun institusi keuangan yang menawarkan pembelian emas cicilan secara online.

Fasilitas tersebut bahkan memberikan kesempatan calon investor untuk berinvestasi emas mulai dari 0,0001 gram emas. Nantinya dana yang telah terkumpul dapat Anda pakai untuk membeli emas batangan dari suatu perusahaan pembiayaan emas resmi dari Antam yang memang tersertifikasi LBMA (London Bullion Market Association).

8. Memeriksa kondisi serta keaslian emas

Ketika Anda ingin membeli emas, jangan percaya dengan penjual emas yang menawarkan harga yang sangat murah dan proses yang cepat. Sebaiknya pilih tempat emas yang resmi dan terpercaya seperti PT Pegadaian, ANTAM, dan lain-lain. Setelah itu ketika sedang berada di tempat jual beli emas, Anda harus memastikan keaslian emas tersebut. Jangan sampai Anda tertipu sehingga membeli emas palsu. Anda juga harus teliti mengenai kondisi emas yang hendak dijadikan investasi dengan kondisi mulus tanpa cacat.

Demikianlah beberapa tips untuk melakukan investasi emas bagi pemula. Semoga bisa menambah wawasan Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *