Bitcoin adalah

  • Whatsapp

Bitcoin (BTC) adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Bitcoin dikembangkan dengan idealisme bahwa mata uang yang baik tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral. Krisis finansial beberapa waktu yang lalu menegaskan bahwa pemerintah selalu lalai dalam menjaga kestabilan ekonomi. Aset digital ini terdengar mirip emas tetapi hanya tersedia di dunia digital. sistem digital yang ditanam ke dalam sebuah mata uang virtual tersebut berdasarkan hunbungannya dengan perangkat lunak sumber terbuka.

Bacaan Lainnya

Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari blockchain yang disebut cryptocurrency, yang Kehadiran awal BTC juga ditandai oleh 50 BTC pertama di dunia yang dihasilkan melalui sistem tersebut.

Nama Nakamoto dikenal sebagai pencipta Bitcoin. Mata uang yang sepenuhnya dikendalikan oleh perangkat lunak. Setiap sepuluh menit atau lebih, BTC akan didistribusikan pada mereka yang melakukan “penambangan”. Awalnya, BTC populer di kalangan kriptografer, yaitu mereka yang berkecimpung dalam penelitian penyandian (kriptografi). Tak heran, kriptografi adalah pondasi tempat BTC berdiri.

Bitcoin adalah mata uang seperti halnya Dollar, Poundsterling dan lain-lain. Namun, BTC bersifat digital serta mempunyai enkripsi data yang sangat kuat. Selain itu, Bitcoin merupakan mata uang pertama yang tidak bisa di kontrol nilainya oleh Institusi, Perusahaan, pemerintah, bahkan pencipta mata uang tersebut sekalipun. Desain BTC merupakan teknologi transaksi Peer-to-Peerdimana transaksi tidak membutuhkan pihak ketiga yang selalu mengambil keuntungan. Mata uang kripto ini juga bersifat terdesentralisasi, artinya tidak berpusat pada satu administrator tunggal sehingga seluruh catatan transaksi dalam buku besar blockchain (Ledger Blockchain) bisa di kelola oleh seluruh pengguna BTC di dunia.

Bitcoin mempunyai beberapa keunggulan utama yaitu :
Transparansi / Kejujuran. Semua pengguna Bitcoin dapat melihat histori transaksi yang sudah dilakukan, sehingga kroscek data transaksi dapat dilakukan kapanpun.
Efektifitas Transfer. Kita bisa mengirim BTC kemana saja di dunia ini dalam hitungan detik.
Jumlah yang terbatas. Pada saat BTC diciptakan, Satoshi Nakamoto sudah mengungkapkan bahwa hanya akan ada 21 Juta Keping Bitcoin di seluruh dunia. Dengan suplai terbatas, harga Bitcoin akan cenderung naik (jika pengguna nya terus meningkat)

Pada saat BTC pertama kali di rilis dan di perdagangkan, nilainya hanya $ 0,1 / 1 BTC (sekitar Rp. 1,300 saja / 1 BTC). Pada quartal IV 2017 hapir mendekati $ 20.000 / 1 BTC, walaupun saat artikel ini terbit harganya sekitar $ 6.500 / 1 BTC. Berikut chart weekly dari Maret 2013 sampai hari ini.

Tidak heran jika sekarang banyak sekali para spekulator dan para investor yang berbondong untuk berinvestasi pada BTC. Tujuannya adalah mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda dengan waktu yang singkat saja. Banyak pihak yang yakin dengan masa depan Bitcoin serta teknologi blockchain. Bitcoin dinilai bisa memecahkan masalah yang terjadi sampai saat ini, dan menggantikan uang tunai secara keseluruhan.

Semoga bermanfaat…

Pos terkait