Apa itu Support dan Resistance?

  • Whatsapp

Mari sejenak kita membahas ilmu teknikal yang digunakan untuk menganalisa pergerakan suatu harga. Support dan resistance, yups..kata-kata ini sudah sering terdengar jika kita diskusi sebuah harga, entah itu di ilmu forex atau pun di saham.

Dengan mengetahui support dan resistance sebuah harga, maka kita bisa menentukan apa langkah yang harus kita ambil untuk menghasilkan keuntungan. Support adalah titik dimana pada harga tersebut tekanan jual lebih rendah dari tekanan beli, maka pada titik ini kemungkinan harga bergerak naik lebih besar dibandingkan dengan bergerak turun. Sedangkan resistance adalah titik dimana pada harga tersebut tekanan jual akan lebih besar dari tekanan beli, maka pada titik ini kemungkinan harga bergerak turun lebih besar dibandingkan bergerak naik.

Bacaan Lainnya

Banyak cara untuk menentukan titik support dan resistance dan setiap trader bisa memilih mana yang lebih disukai untuk menentukannya. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan membuat garis horizontal pada bagian atas dan bawah chart candlestick, seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini.

apa-itu-support-dan-resistance

Dari gambar tersebut terlihat bahwa garis merah berfungsi sebagai resistance dan garis biru sebagai support. Berikut cara sederhana untuk menentukan titik garis support dan resistance.

1. Identifikasi rekor harga-harga tertinggi dan terendah selama jangka waktu tertentu.
Maksudnya perhatikan pergerakan harga selama 6 bulan terakhir, catat harga tertinggi dan terendah nya dimana saja. Jika sudah terlihat harga tertinggi nya maka tariklah garis horizontal yang menghubungkan titik-titik tertinggi tersebut maka garis tersebut disebut garis resistance. Begitupun untuk titik-titik harga terendah dan garis yang dihasilkan bisa disebut garis support.

2. Identifikasi karakteristik titik ayunan (swing poin)

apa-itu-support-dan-resistance

Swing poin yang dimaksud adalah titik dimana sebuah harga akan berayun berubah berlawanan arah dengan trend sebelumnya. Titik ayunan ini bisa digunakan sebagai titik support dan resistance.

Hal yang perlu dicatat adalah meskipun kita sudah mengetahui titik support dan resistance nya, suatu harga tidak akan pasti 100% akan ‘mantul’ pada area tersebut. Setidaknya kita bisa mengantisipasi sebuah harga ‘akan’ mantul atau justru akan ‘breakout’ dan kita bisa mengambil strategi agar mendapatkan profit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *